Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 26/10/2022, 07:34 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Treehugger

KOMPAS.com - Kita umumnya akan merasa jijik dan kaget ketika melihat hewan peliharaan melakukan suatu hal yang aneh, yakni makani kotoran sendiri.

Melansir Treehugger, sekitar 16 persen anjing memakan kotorannya sendiri atau kotoran anjing lain secara teratur, dan 23 persen terlihat makan kotoran setidaknya sekali.

Fenomena anjing makan kotorannya sendiri ini didasari oleh dua teori.

Teori pertama menyatakan bahwa coprophagia atau konsumsi feses adalah perilaku yang terkait dengan perkembangan dan keadaan lingkungannya.

Lalu teori kedua mengatakan bahwa penyebabnya adalah perilaku evolusi yang diturunkan dari nenek moyang anjing yaitu srigala, yang memakan kotorannya sendiri untuk menghindari parasit usus masuk ke dalam sarangnya.

Perilaku anjing ini dapat terjadi karena beberapa faktor seperti usia, ras, dan keadaan hidupnya. Secara umum, inilah alasan anjing memakan kotorannya sendiri:

1. Masalah medis

Jika anjing kamu tidak menyerap nutrisi dengan benar atau menerima pola makan yang buruk, si anjing mungkin akan beralih mengonsumsi kotorannya.

Beberapa masalah medis dapat menyebabkan kotoran anjing mengandung makanan yang tidak tercerna.

Jika ini terjadi, si anjing mungkin akan memakan kotorannya hanya karena baunya yang mirip makanan. Anjing juga dapat menjadi coprophagia sebagai akibat dari parasit.

Jika kamu melihat perilaku ini terjadi pada anjing peliharaan, atau jika anjing makan banyak tetapi tetap lapar, ada baiknya untuk mengkonsultasikan ini ke dokter hewan.

2. Stres 

Stres pada anjing dapat menyebabkan coprophagia. Anjing yang tinggal di tempat yang sangat terbatas atau terisolasi lebih cenderung memakan kotoran daripada mereka yang memiliki lebih banyak kebebasan.

Hal ini terutama berlaku untuk anjing yang menghabiskan banyak waktu di tempat penampungan, diabaikan, atau dibiarkan liar di jalanan.

Selain itu, jika seekor anjing takut dihukum karena buang air di dalam rumah, ia mungkin memakan kotorannya sebagai cara untuk menyembunyikannya.

Ini seakan seperti konsekuensi dari kesalahan yang telah dibuat anjing, dan membuat anjing merasa takut dan cemas.

Baca juga: 5 Jenis Bau yang Dibenci Anjing

3. Kasih ibu

Anak anjing sangat rentan terhadap coprophagia; karena baru mulai menjelajahi dunia, sehingga semuanya seakan menarik.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Sumber Treehugger


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com