Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melinda Gates Diprediksi Jadi Perempuan Terkaya Kedua di Dunia

Kompas.com - 05/05/2021, 09:59 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Melinda Gates diprediksi bakal menyandang status sebagai perempuan terkaya kedua di dunia pasca perceraiannya dengan Bill Gates.

Label tersebut didapatnya setelah mendapatkan pembagian harta kekayaan yang nilainya bisa mencapai 73 miliar dollar Amerika.

Pasalnya, pasangan yang menikah 27 tahun silam ini belum pernah menandatangani perjanjian pra nikah.

Berdasarkan undang-undang pernikahan di Washington, ini artinya seluruh kekayaan yang mereka miliki selama masa pernikahan akan dibagi rata.

Baca juga: 5 Alasan Pasangan Tetap Bercerai Walau Sudah Menikah Puluhan Tahun

Menurut indeks miliarder Bloomberg, Bill Gates saat ini menduduki peringkat keempat orang terkaya di dunia, dengan total kekayaan sekitar 146 miliar dollar.

Itu artinya, Melinda hanya akan kalah kaya dibandingkan Françoise Bettencourt Meyers, pemilik brand kecantikan L’Oreal. Pebisnis berusia 67 tahun itu merupakan perempuan terkaya di dunia saat ini dengan harta mencapai 83 miliar dollar Amerika. 

Pembagian soal harta kekayaan memang jadi salah satu pertanyaan utama ketika Melinda Gates dan Bill Gates mengumumkan perpisahannya.

Beberapa kasus perceraian para miliarder sebelumnya kerapkali memunculkan prahara finansial.

Ambil contoh perpisahan CEO Amazon, Jeff Bezos dengan mantan istrinya, MacKenzie Scott. Serupa, keduanya tidak menyusun prenuptial agreement sehingga sempat menjadi pembahasan.

Baca juga: Jeff Bezos Kembali Jadi Orang Terkaya di Dunia, Elon Musk Paling Untung di Tengah Pandemi

Belakangan diketahui MacKenzie mendapatkan pembagian kekayaan sebesar 36 milliar dolar Amerika.

Jumlahnya memang tidak sampai separuh dari total harta saat masih menikah, namun cukup untuk menjadikannya salah satu perempuan terkaya sebumi.

Yayasan amal

Melinda Gates selama ini lebih banyak dikenal dengan aktivitas amal dan filantropinya dibandingkan berbisnis. Ia menjalankan berbagai kegiatannya melalui yayasan amal yang diinisiasi bersama suaminya itu, Gates Foundation.

Harta kekayaan keduanya diketahui tersebar di berbagai negara dalam bentuk tunai maupun aset. Mereka memiliki beberapa unit private jets dan belasan mobil mewah termasuk Porsche 959 yang tergolong langka.

Selain itu, properti pribadinya mereka juga tak kalah mengesankan. Misalnya saja rumah yang biasa ditinggali bersama anak-anaknya, senilai 130 juta dolar Amerika yang menghadap Danau Washington.

Baca juga: Usia Pernikahan Bukan Jaminan Aman dari Perceraian, Ini Alasannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com