Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motif Keramik Pilihan Dian Sastro di Bulan Ramadhan

Kompas.com - 10/05/2021, 15:47 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Pada bulan Ramadhan, umumnya orang menyemarakkan suasana dengan benda-benda yang bernuansa Lebaran.

Selain busana, nuansa tersebut juga bisa ditemukan dalam aksesoris rumah, termasuk tableware alias peralatan makan minum.

Inilah yang dilakukan Dian Sastrowardoyo, yang sejak awal Ramadhan menggunakan koleksi keramik yang terinspirasi gaya Asia dan Timur Tengah, namun memakai motif-motif dan ornamen khas Nusantara.

Koleksi perangkat dinner dan tea set ini merupakan hasil kolaborasi antara Zen Tableware, perusahaan keramik di Indonesia, dengan artis yang dikenal lewat film Ada Apa Dengan Cinta itu.

Dian Sastro dengan koleksi keramik Zen TablewareZen Tableware Dian Sastro dengan koleksi keramik Zen Tableware
Bertema Harmony in Diversity, koleksi kali ini menampilkan perpaduan pola arsitektur geometrik yang umum ditemukan di Timur Tengah, berpadu dengan gaya Asia, antara lain tampak lewat motif-motif Nusantara.

Salah satu motif yang menonjol adalah ornamen bunga Wijaya kusuma, yang melambangkan keberuntungan.

Dalam kisah pewayangan, bunga ini disebut sebagai pusaka milik Bathara Kresna, titisan dewa Wisnu sang pemelihara alam semesta.

Kemudian ada juga motif bunga melati yang melambangkan kesucian dan kemurnian.

Bunga melati digunakan dalam berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini, misalnya sebagai hiasan rambut pengantin perempuan dalam upacara perkawinan di Jawa dan Sunda.

Selanjutnya ada ornamen anggrek bulan atau puspa pesona, sebagai salah satu bunga nasional Indonesia.

Bunga anggrek sering dikiaskan untuk mewakili perasaan takut kehilangan dan ingin menjaga. Anggrek juga melambangkan cinta dan keagungan.

Baca juga: Sandra Dewi dalam Kolaborasi dengan Zen Tableware, Memberi Kehangatan Selama di Rumah

Nah, menurut pihak Zen Tableware, Dian Sastro adalah sosok yang tepat untuk kolaborasi ini, karena sebagai pekerja seni, Dian juga penggemar keramik dan sangat senang mendekorasi rumah.

Dian mengusulkan konsep Harmony In Diversity, memadukan gaya Maroko dan Chinoserie, namun memakai motif-motif dan ornamen asli Indonesia. Hasilnya adalah desain cantik dan elegan dengan detil-detil elemen Nusantara yang tidak asing bagi kita.

"Saya gembira saat ditawari berkolaborasi dengan Zen Tableware, karena salah satu hobi saya adalah mendekorasi rumah. Melalui kerja sama ini, saya dapat menuangkan ide-ide, serta memasukkan unsur-unsur Indonesia ke dalamnya," ujar Dian.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dian Sastrowardoyo (@therealdisastr)

Adapun kombinasi warna juga menjadi inspirasi Dian dalam menciptakan koleksi ini yaitu warna Green dan Tosca Navy, sehingga koleksi ini dibagi menjadi seri green harmony dan royal blue.

Koleksi Zen Tableware x Dian Sastrowardoyo hadir dengan koleksi lengkap dinner set dan tea set yang terdiri dari piring makan, piring salad, mangkuk, mug, tea pot, cangkir, piring tatakan, dan mangkuk saji.

Koleksi spesial Harmony in Diversity hadir mulai tanggal 16 April 2021, dan dapat dibeli secara online di www.zentableware.com serta melalui platform market place Tokopedia, Shopee, Lazada, Zalora, BliBli, Dekoruma dan lain-lain.

Uniknya, kolaborasi ini tidak melulu ditujukan untuk kepentingan bisnis, namun ada tujuan mulia lainnya, karena sebagian keuntungan akan disumbangkan untuk memajukan pendidikan di Indonesia, yang akan disalurkan melalui Yayasan Dian Sastrowardoyo.

Baca juga: Kisah Budaya Peranakan Ghea Panggabean dalam Peralatan Makan Minum

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com