Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merespons Saat Dipanggil, Apakah Kucing Mengetahui Namanya?

Kompas.com - 11/05/2021, 14:17 WIB
Intan Pitaloka,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Hills Pet

KOMPAS.com - Setiap hewan peliharaan tentu akan diberikan nama untuk membedakannya dengan hewan peliharaan lain atau agar mudah dipanggil.

Hal yang menarik, anjing atau kucing lucu akan menoleh dan merespons ketika dipanggil namanya. Apakah ini artinya kucing kamu mengetahui namanya?

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Sophia di Tokyo, Jepang, kucing tampaknya mengenali nama mereka dari kata lain.

Baca juga: Anjing dan Kucing, Mana yang Lebih Pintar?

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Scientific Reports menjelaskan bahwa data menunjukkan kucing memang merespons secara berbeda terhadap nama mereka sendiri daripada kata-kata lain dengan bunyi vokal, konsonan, dan panjang suku kata yang serupa.

Namun, penulis studi menyimpulkan bahwa belum dapat dipastikan apakah kucing memahami nama mereka sebagai label pengenal.

Dr Jennifer Vonk, seorang profesor yang berspesialisasi dalam kognisi hewan, pun setuju akan penelitian tersebut.

"Kami tidak dapat menyimpulkan bahwa kucing memahami sebuah nama sebagai representasi identitas mereka. Namun, yang pasti adalah kucing mengenali namanya sebagai tanda khusus, yang terkait dengan hadiah seperti makanan dan belaian."

Baca juga: Hewan Peliharaan Selalu Merasa Lapar, Kenapa?

Ketika mendengar namanya dipanggil, kucing akan merespons dengan berbagai bentuk. Mulai dari respons vokal maupun nonverbal seperti menggerakkan ekor ataupun telinganya.

Menurut penelitian, kucing dapat merespons ketika ada yang menyebut namanya, bahkan tak hanya tuannya, tetapi orang lain yang menyebut namanya pun juga akan menerima respons dari si kucing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hills Pet
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com