Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/05/2021, 20:59 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah arloji keluaran pembuat jam asal Swiss Mido belum lama ini laku di acara lelang di Perancis dengan harga fantastis.

Terjual seharga 435.000 dollar Australia (sekitar Rp 4,7 miliar), arloji Mido ini merupakan barang pribadi milik Ettore Bugatti, pendiri manufaktur Bugatti.

Di samping arloji Bugatti tersebut, acara lelang juga menjual jam tangan dan mobil vintage.

Sebelum sampai di rumah lelang, arloji milik Ettore itu sebenarnya sudah bernilai tinggi, di kisaran angka 125.000 dollar Australia-185.000 dollar Australia atau lebih kurang Rp 1,3 miliar-Rp 2,04 miliar.

Persaingan para penawar yang hadir di pelelangan turut mendorong kenaikan harga arloji menjadi tiga kali lipat dari perkiraan awal.

Ettore Bugatti Mido Ettore Bugatti Mido
Arloji Mido berwarna keemasan ini dibuat di antara tahun 1926-1932. Nah, desain arloji dibuat sedemikian rupa agar penampakannya mirip dengan radiator yang terdapat di mobil rancangan Bugatti kala itu.

Bedanya, jika arloji Mido Bugatti kebanyakan dibekali tali berbahan kulit, khusus untuk Ettore Bugatti Mido diberikan tali emas.

Ettore Bugatti Mido hadir dengan casing emas 22,5 mm x 34 mm, logo "B" Bugatti di atas angka 12, crown di bagian atas, jarum jam dan menit baja bergaya Breguet, serta mesin jam manual.

Sebagai catatan, arloji yang dipesan Ettore dari Mido tidak dijual, melainkan dijadikan hadiah untuk keluarga, karyawan, dan supir Ettore, termasuk Louis Chiron dan Rene Dreyfus.

Alhasil, tidak mengherankan apabila keberadaaan arloji ini sangat langka di pasaran. Kelangkaan itulah yang membuat Ettore Bugatti Mido terjual dengan harga tinggi.

Baca juga: Jam Tangan Berbentuk Mesin Bugatti Lapis Berlian dari Jacob & Co

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com