Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percaya Diri dan Seks, Alasan Perempuan Usia 40 Tahun Lebih Bahagia

Kompas.com - 21/05/2021, 13:42 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perempuan umur 40 tahun mungkin dibayangi dengan masalah penuaan, perubahan fisik dan menopause. Namun banyak yang mengaku lebih bahagia menjalaninya meski mengalami pertambahan usia.

Banyak artis perempuan yang mengaku bahagia menjalani kehidupannya setelah memasuki usia 40 tahun. Selebriti lokal seperti Yuni Shara dan Maia Estianty menjadi beberapa contohnya.

Di ranah internasional, lebih banyak lagi pesohor perempuan yang mengaku berada di puncak kebahagiaannya dibandingkan ketika masih muda. Misalnya saja Gisele Budchen, Cameron Diaz, dan Jennifer Aniston.

Baca juga: Gisele Bundchen Lebih Bahagia di Usia 40 Tahun, Apa Alasannya?

Kebahagiaan tersebut diperkirakan bakal langgeng seiring pertambahan usia. Perempuan akan semakin bahagia ketika semakin tua, namun usia 40-an tahun akan menjadi awalnya.

Hal ini dibuktikan salah satu riset yang digelar di Inggris seperti yang dimuat di laman Her. Penelitian tersebut menyatakan 44 tahun adalah usia ketika wanita merasa paling bahagia dan sehat sepanjang hidupnya.

Hasil dibarengi pernyataan bahwa sebanyak 70% dari perempuan usia 40-an dan 50-an yang ikut survey menyatakan belum pernah begitu bahagia dengan hidupnya

Hampir setengah dari perempuan tersebut mengatakan mereka tidak lagi memiliki kecemasan alias insecurities seperti saat masih muda. Selain itu, sebanyak 66% diantaranya merasa lebih percaya diri dengan kondisi fisik mereka.

Baca juga: 4 Alasan Perlu Self Love di Bulan Penuh Cinta

Kebahagiaan tersebut didapat karena perempuan yang lebih matang tidak lagi terus-menerus mengkritik dirinya sendiri. Mereka merasa cukup dan puas dengan apa yang dimilikinya.

Selain itu, perempuan berusia kepala empat biasanya memiliki kehidupan seks yang lebih baik. Kepuasan di tempat tidur menjadi faktor yang tak kalah pentingnya dalam memunculkan rasa bahagia itu.

Seks Menjadi Lebih Baik Seiring Bertambahnya Usia

Aplikasi kesehatan seksual di Inggris, Lover, menggelar riset terhadap 1.500 perempuan yang berpasangan tentang kehidupan seksnya. Hasilnya menunjukkan perempuan berusia 45 hingga 54 tahun adalah yang "paling bahagia" dengan kehidupan intimnya.

Baca juga: Aktris Hollywood Ini Bagikan Tips Nikmati Seks sampai Tua

Ilustrasi pasangan.Pexels Ilustrasi pasangan.

Dr Britney Blair, psikolog klinis yang merupakan pendiri Lover mengataan hal ini disebabkan perempuan usia lanjut ini lebih mungkin untuk mendapatkan orgasme secara konsisten.

"Mereka lebih percaya diri dalam meminta kekasih apa yang mereka inginkan dan lebih memahami bagaimana tubuh mereka mengalami kesenangan."

Responden penelitian ini juga menyebutkan beberapa aspek lain yang mendongkrak kenikmatan seksualnya.

Baca juga: Ibu Bekerja di Indonesia Paling Aktif Cari Pekerjaan “Freelance”

 

Faktor tersebut yaitu peningkatan kepercayaan diri, romansa, pemanasan, libido yang lebih tinggi, dan berkurangnya kecemasan.

Blair menilai stres dan kecemasan memiliki efek monumental pada kehidupan seks perempuan. Bukan hanya stres soal hubungan pribadi namun juga berbagai permasalah lain yang dihadapi dalam hidup.

Karena itu, perempuan yang lebih tua dan bebas stres dengan kehidupan intim yang menyenangkan dapat menghasilkan pribadi yang lebih bahagia.

Baca juga: Tips Pernikahan Bahagia ala Sejumlah Selebritas

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com