Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/05/2021, 10:22 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Air cucian beras selama ini dikenal kaya manfaat untuk kecantikan kulit. Namun, ternyata cairan ini juga berguna untuk meningkatkan keindahan rambut.

Masyarakat tradisional Jepang dan China sudah lama menggunakan air sisa mencuci beras ini untuk perawatan rambutnya. Seperti dirilis di Journal of Cosmetic Chemists, wanita bangsawan Jepang menjadikannya unsur utama perawatan rambut panjang mereka.

Sementara itu, wanita di Desa Huangluo, China dikenal akan kebiasaan mencuci rambut dengan air beras. Hasilnya, rambut mereka dikenal lebih kuat dengan warna gelap yang memesona.

Baca juga: Perawatan untuk Wujudkan Mimpi Punya Rambut Panjang

Dr. Jenny Liu, dermatologis bersertifikat menjelaskan dedak padi memiliki banyak asam lemak, termasuk asam linoleat dan asam oleat. Kedua kandungan ini dinilai dapat menghambat enzim redukates yang menjadi penyebab kerontokan rambut pada pria.

"Studinya masih sangat terbatas, tapi sejumlah bukti dari Korea menunjukkan manfaatnya untuk mengatasi korontokan rambut pria," terangnya seperti dikutip dari Elle.

Richy Kandasamy, ahli pewarnaan rambut di Amerika Serikat menambahkan, 18 asam amino harus bersatu untuk menciptakan protein agar dapat menumbuhkan rambut. Sementara itu, air cucian beras mengandung delapan asam amino.

"Jadi saat dipakai di rambut, Anda mengalami lebih banyak regenerasi rambut," tandasnya.

Baca juga: Waspadai, 4 Penyebab Rambut Rontok pada Anak

Asam amino dalam cucian beras juga bermanfaat memperkuat akar rambut, menambah kilau dan membuatnya halus dan halus.

Ada pula karbohidrat, atau dikenal dengan nama inositol, yang dapat memperbaiki rambut rusak dan melindungi rambut dari kerusakan yang lebih lanjut.

Selain itu, vitamin B,C dan E yang terkandung dalam air beras mampu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Air cucian beras juga cocok digunakan untuk semua rambut, baik jenis maupun rasnya. Namun hasilnya bisa saja berbeda tergantung dengan kondisi rambut itu sendiri.

Baca juga: Manfaat Air Cucian Beras yang Kamu Perlu Tahu

Meski demikian, Kandasamy berpendapat air cucian beras dapat menjadi perawatan alami, aman dan bebas efek samping untuk rambut kita.

Ilustrasi mencuci beras. Air cucian beras dapat dijadikan pupuk alami untuk tanaman.SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi mencuci beras. Air cucian beras dapat dijadikan pupuk alami untuk tanaman.

Cara menggunakannya juga mudah, mirip seperti memakai sampo atau masker rambut. Gunakan air cucian beras yang telah diendapkan selama setidaknya 24 jam sebelum dipakai.

Basahi rambut dengan air beras khususnya area kulit kepala dan pijat selama lima menit.

Langkah ini menargetkan folikel di kulit kepala kita yang merangsang pertumbuhan dan memperkuat rambut. Setelah itu, tunggu lima menit dan bersihkan air beras menggunakan sampo.

Baca juga: Mengenal 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com