Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turunkan Berat Badan Sampai Tingkatkan Imun, Ini 7 Manfaat Nanas

Kompas.com - 01/06/2021, 12:28 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nanas merupakan salah satu buah populer yang dapat dinikmati langsung atau sebagai tambahan dalam salad buah, makanan penutup, maupun smoothies.

Sejak dulu, buah tropis ini sudah digunakan dalam beberapa budaya untuk tujuan pengobatan, terutama sebagai ekstrak yang diaplikasikan pada luka guna mengurangi peradangan.

Nanas juga diketahui mengandung bromelain, enzim dengan sifat anti-inflamasi yang memiliki potensi besar dapat melawan kanker.

Baca juga: Ketahui 4 Manfaat Nanas untuk Kesehatan

Tak hanya itu, nanas ternyata mampu memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan kita, seperti yang dilansir dari laman Insider berikut ini.

1. Memiliki banyak kandungan nutrisi

Ahli diet Colleen Christensen mengatakan bahwa nanas mengandung vitamin C yang berperan penting dalam penyembuhan luka, memproduksi protein, dan menyerap zat besi.

Di samping itu, buah ini juga memiliki kandungan mangan yang merupakan mineral penting untuk fungsi otak dan saraf, penyerapan kalsium, serta pengaturan gula darah.

Perlu dicatat bahwa satu mangkuk nanas mengandung 8,3 miligram asam amino triptofan.

Menurut Christensen, asam amino khusus ini adalah prekursor serotonin neurotransmitter yang dapat meningkatkan suasana hati dan membuat perasaan senang.

Baca juga: Bolehkah Makan Nanas Jika Punya Maag?

2. Melancarkan pencernaan

Bromelain dalam nanas dapat membantu pencernaan karena enzim memecah protein. Ini juga mengurangi peradangan pada saluran pencernaan bagi mereka yang menderita penyakit radang usus.

Ditambah lagi, satu porsi nanas menawarkan 2,3 gram serat makanan yang dapat membantu mengosongkan usus dan memastikan kita dapat buang air besar secara teratur.

"Ketika kita menggabungkan serat dan bromelain, keduanya akan bekerja untuk mendorong pencernaan yang optimal," terang ahli gizi bersertifikat di NYC Eat Well, Deborah Malkoff-Cohen.

Baca juga: Para Atlet Perlu Rajin Makan Nanas, Simaklah Alasannya...

3. Dapat membantu menurunkan berat badan

Christensen mengungkapkan bahwa berkat kandungan seratnya, nanas membuat kita kenyang lebih lama sehingga dapat membantu upaya penurunan berat badan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com