Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2021, 16:45 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Serat merupakan salah satu nutrisi penting yang sayangnya sering dilupakan oleh orangtua. Padahal pemenuhannya sangat diperlukan untuk tumbuh kembang anak.

Kecukupan serat bagi anak sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Jika tubuh kita kekurangan nutrisi ini maka bisa menimbulkan gangguan saluran cerna termasuk sembelit.

Kondisi ini tentu akan sangat menyiksa bagi anak-anak. Terlebih lagi, serat punya fungsi optimal untuk perkembangan saraf, otak dan sistem imun.

Shiera Syabila Maulidya Brand Manager Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia mengatakan, serat belum jadi prioritas bagi banyak orangtua di Indonesia.

Terbukti, sebanyak 95.5 persen penduduk Indonesia di atas usia lima tahun masih kekurangan serat berdasarkan Riset Kesehatan Dasar tahun 2018.

Baca juga: 7 Strategi Orangtua untuk Penuhi Kebutuhan Serat Anak

Hal ini, menurutnya disebabkan minimnya edukasi yang dimiliki orangtua sehingga merasa serat tidak terlalu penting.

Selain itu, kebanyakan orangtua masih harus menghadapi kendala anak yang sulit makan.

"Ngerasa anak susah makan, yang penting makan deh, karena picky eater jadinya nyerah, enggak sempat mikirin serat," terangnya Konferensi Pers Peluncuran Program Kampanye “Jam Makan Serat” pada Kamis (03/06/2021).

Untuk ini, Bebelac Gold sebagai satu-satunya susu tinggi serat di Indonesia meluncurkan kampanye “Jam Makan Serat”. Tujuannya untuk memudahkan orangtua memastikan asupan serat harian anaknya tercukupi.

Baca juga: Mengapa Anak Jadi Susah Makan Selama Pandemi

Shiera menguraikan, gerakan tersebut mengatur agar orangtua memberikan makanan berserat pada anaknya setiap pukul sepuluh pagi, dua siang, dan delapan malam. Selingan makanan ini bisa berupa buah, sayur dan susu tinggi serat.

Metode ini diharapkan bisa membuat anak lebih terbiasa dan di waktu mendatang, berinisiatif mengkonsumsi makanan berserat pada jam-jam tersebut.

Sebagai awalan, Danone Specialized Nurition Indonesia mengajak para ibu menjalankan tantangan ini selama 21 hari. Sejumlah penelitian membuktikan, jangka waktu tersebut adalah waktu yang ideal untuk memulai kebiasaan baru.

"Nantinya akan menjadi kebiasaan baik, bukan hanya menjalankan tantangan 21 hari namun dilanjutkan karena sudah terbiasa," tambahnya.

Diakuinya, konsistensi orangtua adalah salah satu kunci sekaligus tantangan terbesar untuk membangun pola makan sehat ini.

Baca juga: Libur Sekolah Jadi Momen Tepat Ajarkan Pola Makan Sehat ke Anak

Fitur Tummypedia 

Bebelac Gold menyediakan sejumlah fitur bantuan bagi orangtua untuk memenuhi kebutuhan serat anaknya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan termasuk dengan menggunakan fitur Tummypedia di situs www.bebeclub.id.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com