Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istana Kensington Pamerkan Gaun Pengantin Ikonik Putri Diana

Kompas.com - 04/06/2021, 08:33 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Publik kembali dapat menyaksikan gaun pengantin Putri Diana secara langsung.

Gaun ikonik yang dikenakan Diana ketika menikahi Pangeran Charles di 1981 itu kini secara resmi dipajang di Istana Kensington pada acara pameran terbaru yang bertajuk "Royal Style in the Making".

Melansir Harper's Bazaar, sebelum dibuka untuk publik pada 3 Juni, foto-foto gaun yang terpajang itu sudah dirilis. Membuat publik semakin penasaran untuk melihat gaun bersejarah ini secara langsung.

Meskipun model gaun pengantin terus berkembang dari masa ke masa, namun gaun pengantin Putri Diana tetap memiliki tempat di ingatan dan hati penggemarnya.

Gaun ini juga punya ciri khas tersendiri, yakni garis leher yang lebar, kerah yang dihias, hingga lengan mengembang.

Sisi ikoniknya tentu saja bagian belakang gaun yang menjuntai sepanjang 7,6 meter, menjadikannya salah satu gown train terpanjang sepanjang sejarah kerajaan.

Baca juga: Putri Diana Ternyata Pernah Ingin Pernikahannya Dibatalkan

Train dari gaun pengantin Putri Diana menjuntai sepanjang 7,6 meter, membuatnya jadi gown train terpanjang sepanjang sejarah keluarga kerajaan.SAMIR HUSSEIN GETTY IMAGES VIA HARPER'S BAZAAR Train dari gaun pengantin Putri Diana menjuntai sepanjang 7,6 meter, membuatnya jadi gown train terpanjang sepanjang sejarah keluarga kerajaan.
Selain gaun pengantin Putri Diana, akan ada sejumlah item ikonik lainnya dari sejarah kerajaan Inggris yang juga tersedia untuk disaksikan.

Menurut kurator pameran, Matthew Storey, pameran musim panas itu akan menyoroti beberapa talenta desain terbesar Inggris yang karyanya telah berperan dalam membentuk identitas visual keluarga kerajaan di abad ke-20.

"Kami akan mengeksplorasi bagaimana kemitraan antara setiap desainer dan klien bekerja, serta mengungkapkan proses di balik terciptanya sejumlah pakaian couture paling penting dalam sejarah kerajaan," katanya melalui pernyataan.

Adapun gaun pengantin Putri Diana tersebut dapat dipajang setelah dipinjamkan oleh putranya, Pangeran William dan Pangeran Harry.

Pameran baru ini juga dilakukan menjelang ulang tahun ke-60 Diana pada 1 Juli, yang sekaligus akan diperingati dengan merilis patung dari wanita yang meninggal dunia pada 1997 itu di halaman istana.

Baca juga: Rahasia Gaun Pengantin Cadangan Milik Putri Diana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com