Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengasuh Balita dan Bayi Baru Lahir Tanpa Merasa Stres

Kompas.com - 07/06/2021, 13:56 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengasuh balita dan bayi yang baru lahir, seperti yang dialami Pangeran Harry dan Meghan Markle saat ini, bisa menjadi pengalaman melelahkan bagi banyak orangtua muda.

Kehadiran bayi di dalam keluarga tentu saja memberikan kebahagiaan tak terkira bagi orangtua dan keluarga. Namun, ada implikasi yang harus dihadapi yakni tanggung jawab untuk mengasuh dua anak yang masih berusia dini.

Ketika anak kita masih di usia balita, mereka masih dalam proses tumbuh kembang dan belum bisa mandiri. Jadi tak heran apabila mereka merasa cemburu dan kesepian karena kelahiran adiknya.

Baca juga: 6 Fakta Kelahiran Lilibet Diana, Anak Kedua Pangeran Harry dan Meghan Markle

Di sisi lain, bayi juga masih butuh banyak perhatian termasuk penyesuaian jam tidur. Tak heran fase ini bisa jadi sangat menantang dan menuntut bagi banyak orangtua.

Untuk menghadapinya, berikut beberapa cara yang bisa diaplikasikan saat mengasuh batita dan bayi di rumah.

  • Mendaftarkan si kakak ke PAUD atau program pre school

Mendaftarkan anak dalam program pre-school untuk balita bisa jadi solusi yang tepat untuk kebutuhan semua orang. Si kakak bisa mendapatkan teman baru dan aktivitas yang menyenangkan.

Di sisi lain, orangtua bisa mendapatkan waktu untuk fokus mengurus anak bayinya. Atur waktunya agar jadwal masuk sekolah tidak bertepatan dengan rencana kelahiran.

Baca juga: 7 Cara Mempersiapkan Batita Ketika Akan Punya Adik

Dua momen besar untuk tiap anak ini bisa saja sangat menyita waktu dan perhatian orangtua. Pastikan si kakak tetap mendapatkan perhatian dengan mengapresiasi pengalaman pertamanya bersekolah.

  • Buat batasan wilayah

Siapkan ruangan terpisah bagi setiap anak dan sesuaikan perlengkapannya. Buat ruang bermain untuk anak yang lebih tua, lengkapi dengan buku, mainan, bangku dan berbagai kebutuhannya.

Pastikan area tersebut aman untuknya, khususnya jika kita sesekali harus meninggalkannya untuk fokus pada bayi.

Baca juga: Cara Menghadapi Perilaku Nakal Balita, Sabar Saja Tidak Cukup

  • Samakan jadwal tidur siang

Menyamakan jadwal tidur siang kedua anak bisa menjaga kewarasan orangtua. Bawa kedua anak ke tempat tidur saat tiba jadwal istirahat siang.

Ilustrasi bayi sedang ditimbang berat badannyaDok. Shutterstock Ilustrasi bayi sedang ditimbang berat badannya

Cobalah membuat balita kita tidur terlebih dahulu karena biasanya mereka akan tidur lebih lama. Jadwal tidur mereka juga cenderung lebih stabil dan dapat diprediksi.

Jika hal ini sulit diwujudkan, gunakan waktu tidur siang bayi untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama balita dan sebaliknya. Cara ini membuat kita tetap dekat dengan kedua anak tanpa terkecuali.

Baca juga: Tips agar Orangtua Tak Kurang Tidur saat Bayi Baru Lahir

  • Mendongeng untuk anak

Mendongeng untuk anak yang lebih tua mudah dilakukan sembaru mengganti popok atau menyusui bayi. Ceritakan kisah yang familiar sehingga tidak perlu memegang buku dongeng atau karang saja sebisa kita.

Gunakan tokoh dan tema yang biasa disukai oleh anak. Alternatif lain, kisahkan pada balita saat-saat ketika mereka masih bayi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com