Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kita Perlu Menggunakan Serum Wajah Setiap Hari?

Kompas.com - 08/06/2021, 18:13 WIB
Intan Pitaloka,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Harga serum memang lebih tinggi dibanding produk skincare lainnya, tetapi ada alasan yang logis. Sebab, pemakaian serum berdampak besar bagi kesehatan kulit karena kandungan bahan aktifnya yang kaya.

Apa pun kondisi kulit kita, berjerawat, mulai muncul kerutan, atau terlihat kusam, sebaiknya masukkan serum dalam rutinitas skincare.

"Serum adalah jenis skincare yang paling manjur, karena konsentrasi bahan aktifnya paling banyak," kata Dendy Engelman, MD, dokter kulit di New York.

Serum bekerja efektif karena terdiri dari molekul kecil, yang memungkinkan produk ini menembus jauh ke dalam pori-pori kita untuk meningkatkan kerjanya.

Baca juga: Mengapa Serum Wajah Tak Bisa Menggantikan Fungsi Krim Mata

Untuk penggunaannya, sebagian besar dokter kulit menyarankan untuk mengikuti urutan pemakaian skincare, mulai dari pembersihan, pemakaian toner, penggunaan serum, pelembab, dan terakhir sunscreen.

Engelmen mengatakan kemanjuran suatu produk tidak akan berkurang meski kita tidak menunggu beberapa menit di antara setiap langkah.

Namun, Shani Darden, ahli kecantikan di Los Angeles justru lebih suka membiarkan semuanya menyerap sampai tingkat tertentu terlebih dahulu sebelum memakai urutan berikutnya.

Baca juga: Deretan Skincare Lokal Terbaru untuk Wajah Segar dan Glowing

Cara penggunaan

Perlu diketahui bahwa pengaplikasiannya cukup dengan menggunakan jari tangan saja dan tidak menggunakan kain, roller khusus, atau bola kapas.

Hal ini dilakukan untuk menghindari produk justru terserap banyak di bahan-bahan tersebut.

Aplikasikan beberapa tetes ke telapak tangan, oleskan ke lima area wajah (dahi, setiap pipi, hidung, dagu), lalu tepuk-tepuk lembut agar mudah terserap.

Serum tidak hanya membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, hiperpigmentasi, kusam, dan garis-garis halus, tetapi juga mencegah hal-hal tersebut terjadi lebih cepat.

Baca juga: Clinique Sempurnakan Formula Serum dan Pelembap Andalannya

 Ilustrasi penggunaan skincare yang tepat. (Dok. Bioderma) Ilustrasi penggunaan skincare yang tepat.

Darden dan Engelman merekomendasikan untuk menggunakan serum berbasis antioksidan di pagi hari. Ini akan membantu menangkal efek berbahaya dari polusi dan sinar ultraviolet.

Untuk malam hari, kita bisa memilih serum yang membantu menargetkan apa pun masalah perawatan kulit kita yang mendesak atau yang sedang kita alami sekarang ini. 

Baca juga: Tren Vegan dalam Produk Skincare, Apa Kelebihannya?

Ini dia beberapa jenis serum dan kegunaannya:

  • Serum berbasis retinoid dapat membantu mengatasi banyak masalah mulai dari noda kehitaman, hingga penuaan dan warna kulit tidak merata.
  • Serum asam alfa hidroksi bermanfaat bagi yang memiliki masalah pigmentasi.
  • Serum asam salisilat juga bermanfaat untuk jerawat karena membersihkan pori-pori, mengelupas kulit dengan lembut dan mengurangi produksi minyak.

Engelman mengatakan untuk melihat serum bekerja efektif atau tidak kita bisa melihat perubahan di kulit kita selama empat sampai delapan minggu pemakaian.

Baca juga: Salah Gunakan Masker Picu Munculnya Jerawat, Ini Cara Mengatasinya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com