Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlukah Menggosok Lidah untuk Merawat Kesehatan Mulut?

Kompas.com - 13/06/2021, 17:29 WIB
Intan Pitaloka,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meskipun kita termasuk orang yang rajin menyikat gigi, menggunakan benang gigi secara teratur, dan rutin mengunjungi dokter gigi, bukan berarti itu cukup untuk merawat kebersihan gigi dan mulut kita.

Kita mungkin saja melupakan satu perawatan yang dapat membantu menjaga mulut tetap segar dan sehat yakni, membersihkan lidah.

Lidah memang membantu kita dalam banyak hal seperti, berbicara, mengunyah, dan menelan. Namun, Tenika Patterson, RDH, seorang ahli kesehatan gigi mengingatkan kita bahwa lidah juga bisa menjadi sarang bakteri.

Sebagian besar bakteri tersebut adalah bakteri "jenis baik" yang menumbuhkan lingkungan yang sehat di mulut kita, sedangkan jenis lainnya dapat menyebabkan bau mulut, kerusakan gigi dan infeksi gusi.

Jadi, membersihkan lidah penting untuk menjaga agar bakteri jahat, serta sisa-sisa makanan dan sel-sel mati yang menumpuk di sana tidak menyebabkan masalah pada mulut kita.

Cara membersihkan lidah

Untuk membersihkan lidah, kita bisa menyikat lidah dengan lembut dari belakang ke depan dengan sikat gigi dan pasta gigi.

“Tetapi tongue scraping atau mengerok lidah bisa lebih baik dalam menghilangkan plak dan bakteri dari permukaan lidah,” saran Patterson.

Penelitian menunjukkan bahwa tongue scraping dapat menghilangkan bakteri dan mengurangi bau mulut lebih dari sekedar menyikat.

Baca juga: Cegah Bau Mulut, Jangan Malas Gosok Lidah

Manfaat tongue scraping

Meskipun mungkin tidak terlalu penting, merawat lidah memiliki andil untuk menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan. Berikut ini adalah sejumlah manfaat dari mengerok lidah:

1. Peningkatan rasa

Ketika kita mengikis atau mengerok permukaan lidah, kita seolah-olah memulai dengan palet yang benar-benar segar. Kita akan merasakan rasa pedas, manis, asin yang lebih kuat.

2. Nafas lebih segar

Begitu banyak bakteri penyebab bau yang hidup di lidah kita. Bukan hanya gigi dan gusi yang perlu kita perhatikan untuk menghindari bau mulut, lidah pun menjadi salah satu penyebabnya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com