Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memilih Pakaian yang Dapat Melindungi Kulit dari Sinar UV

Kompas.com - 13/06/2021, 22:18 WIB
Intan Pitaloka,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sinar matahari memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh, dan itulah sebabnya kita dianjurkan untuk berjemur agar mendapatkan kegunaannya. 

Meski begitu, terlalu lama berjemur akan berdampak buruk terutama bagi kulit karena sinar ultra violet dari matahari bisa membakar kulit bahkan menyebabkan kanker.

Anthony Rossi, MD, dokter kulit di Memorial Sloan Kettering Cancer Center, New York City mengatakan bahwa kulit kita dirancang untuk melindungi tubuh dari elemen lingkungan, termasuk sinar UV.

Namun kita tidak bisa membiarkan kulit terpapar sinar UV terus menerus karena dapat menginduksi perubahan dan mutasi pada DNA kita.

Perlu diketahui, setiap kali kita terkena sinar matahari, dan kulit menjadi kecokelatan atau terbakar sinar matahari, kita mengalami kerusakan DNA dari sinar UV matahari.

Kerusakan karena sinar UV juga dapat meningkatkan resiko terkena kanker kulit.

Untuk mencegahnya, kita sebaiknya menggunakan tabir surya serta mengenakan pakaian yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV. 

Baca juga: Berjemur Tak Masalah, Asal Waspadai Radiasi Sinar Ultraviolet

Nah, tahukah kamu bahwa pewarna dan kain dalam pakaian dapat menyerap sejumlah sinar UV dan mencegahnya menembus kulit kita, dan ada juga yang bisa melindungi kulit kita.

"Beberapa kapas berpigmen, seperti warna hijau dan cokelat memiliki Ultraviolet Protection Factor (UPF) alami yang lebih besar. Hal ini dikarenakan seratnya mengandung pigmen, yang berfungsi sebagai penyerap UV."

Demikian penjelasan Pooja Sodha, MD, direktur dermatologi kosmetik di George Washington Medical Faculty Associates di Washington, D.C.

Tetapi warna pakaian hanyalah salah satu komponen dari UPF. Sodha mengatakan ada faktor lain yang menentukan UPF, termasuk berat kain, ketebalan kain, dan kerapatan jahitan.

"Jadi, masalah ini lebih dari sekedar jenis kain tetapi juga terkait dengan kekencangan dan tenunan kain."

Berikut ini adalah tips memilih pakaian yang dapat melindungi kulit kita dari paparan sinar UV matahari:

1. Warna

Perlu diketahui bahwa warna gelap menyerap lebih banyak sinar UV daripada warna yang lebih terang (seperti putih dan pastel), dan ini dapat membantu melindungi kulit kita dengan lebih baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com