Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stres dan 6 Penyebab Sakit Punggung Lain yang Jarang Diketahui

Kompas.com - 14/06/2021, 08:56 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak orang yang menganggap sakit punggung adalah hal biasa dan mudah untuk diobati. Namun, ada juga orang yang harus menderita karena gangguan nyeri ini tak kunjung teratasi.

Selain karena kurang berolahraga atau bergerak, sakit punggung juga dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor dari gaya hidup yang tidak sehat lainnya. Mengetahui penyebabnya dapat membantu mencari cara yang tepat untuk mengatasinya.

Mau tahu apa saja? Simak tujuh penyebab sakit punggung yang jarang diketahui, seperti yang dilansir dari laman The Healthy berikut ini.

Baca juga: 8 Penyebab Sakit Punggung Setelah Makan yang Baik Diwaspadai

1. Stres

Ahli terapi chiropractic yang berbasis di New York City, Todd Sinett mengatakan bahwa stres kemungkinan besar dapat menjadi penyebab nyeri punggung.

"Tekanan mental memanifestasikan dirinya secara fisiologis. Jadi, jika kita merasa stres untuk waktu yang lama itu menyebabkan ketegangan otot yang menimbulkan sakit punggung," ungkapnya.

Area umum untuk nyeri punggung yang dipicu stres termasuk daerah leher dan bahu serta punggung bagian bawah.

Untuk meredakannya, cobalah teknik relaksasi seperti pernapasan dalam, berjalan kaki secara rutin, atau yoga.

Baca juga: Tips Redakan Kaku pada Leher dan Pundak dengan Gerakan Yoga

2. Mengonsumsi makanan tidak sehat

Sebuah studi tahun 2014 di Asian Spine Journal menemukan bahwa sekitar 31 persen wanita dan 25 persen pria yang menderita sakit punggung juga memiliki keluhan gastrointestinal seperti sakit perut atau intoleransi makanan.

Hubungan antara nutrisi dan nyeri punggung mungkin tentang peradangan. Di mana, makanan tinggi lemak dan gula memicu peradangan di seluruh tubuh, termasuk punggung bawah.

"Selalu miliki protein seperti daging tanpa lemak atau kacang-kacangan, biji-bijian yang baik seperti beras merah, dan sayuran adalah makanan yang tepat untuk mencegah nyeri punggung," terang ahli nutrisi, William Suggs.

Baca juga: Terungkap, Hubungan Obesitas, Peradangan Otak, dan Hobi Makan Banyak

3. Celana terlalu ketat

Sebuah studi oleh British Chiropractic Association menemukan bahwa 73 persen wanita menderita sakit punggung karena pakaian mereka.

Skinny jeans alias jeans yang ketat dan memberi siluet kaki ramping, sepatu hak tinggi, dan tas besar termasuk di antara penyebab utamanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com