Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Alasan Kita Mudah Ngantuk Usai Makan dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 21/06/2021, 10:39 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Makan seharusnya memberi tubuh kita energi untuk menjalani aktivitas di sepanjang hari. Tapi, sebaliknya, makan justru dapat membuat kita lesu dan mudah mengantuk.

Ahli diet di National Kidney Foundation of Illinois, Melissa Prest, mengatakan bahwa makan merupakan aktivitas yang membutuhkan banyak energi, sehingga bisa membuat kita merasa lelah.

Terlebih lagi, insulin — hormon yang dibuat oleh pankreas yang mengontrol gula darah kita — memiliki dampak besar pada tingkat energi setelah kita makan.

"Jadi, saat kita makan, kadar insulin akan melonjak untuk memastikan kadar gula darah kita berada di tempat yang seharusnya," jelasnya.

"Ketika pekerjaan itu selesai, kadar insulin menurun dan bisa membuat orang merasa ngantuk. Ini adalah proses yang normal, tetapi rasa kantuk tidak boleh berlangsung lama," sambung dia.

Baca juga: Makan Jangan Hanya Cari Kenyang

Untuk menghindari rasa kantuk usai makan, Perst menyarankan agar kita memasukkan campuran karbohidrat kompleks, lemak sehat, dan protein tanpa lemak ke dalam setiap makanan.

Kita juga perlu memilih makanan yang lebih rendah lemak jenuh, tinggi serat, dan diproses secara minimal.

Di samping itu, menggerakkan tubuh setiap hari, tidur setidaknya tujuh jam setiap malam, dan tetap terhidrasi akan membuat kita tetap terjaga sampai waktu tidur.

Tetapi, jika kita masih merasa lelah dan ngantuk setelah makan, mungkin ini adalah beberapa alasan yang perlu kita ketahui, seperti yang dilansir dari laman Prevention.

Baca juga: 7 Tanda Tubuh Kebanyakan Makan Garam, Termasuk Gampang Haus

1. Minum alkohol saat makan

Minum segelas anggur atau minuman beralkohol lainnya bisa memicu rasa kantuk setelah makan.  Alkohol dapat menekan sistem saraf pusat yang menyebabkan kita mengantuk.

"Minum alkohol menjelang waktu tidur juga dapat mengganggu siklus tidur, yang berarti kita sulit tidur nyenyak," terang Perst.

2. Mengonsumsi makanan tinggi lemak dan karbohidrat

Perst mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan lemak dan karbohidrat dapat membuat kita mengantuk. Hal ini disebabkan karena adanya pelepasan hormon cholecystokinin (CCK) di dalam usus.

Baca juga: 4 Tips Diet Rendah Karbohidrat untuk Penderita Diabetes

Ilustrasi makan pagiUnplash/Ali Inay Ilustrasi makan pagi

"Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara peningkatan CCK setelah mengonsumsi makanan tinggi lemak dan rasa kantuk beberapa jam kemudian," ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com