Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Meredakan Stres Saat Menghadapi Masalah Berat

Kompas.com - 26/06/2021, 22:48 WIB
Intan Pitaloka,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pekerjaan yang menunpuk, uang bulanan habis, atau ribut dengan pasangan,  bisa menjadi masalah yang membuat kita frustasi, namun tetap harus kita hadapi.

Banyak orang kemudian menjadi depresi, dan lari ke aktivitas yang merugikan. Padahal ada solusi untuk meredakannya agar tidak merusak kesehatan mental.

Melansir Cleveland Clinic, berikut ini tips dari Adam Borland, PsyD, seorang psikolog klinis, tentang bagaimana caranya mengelola stres:

1. Tenangkan diri dengan menarik napas dalam-dalam

Salah satu cara paling efektif untuk meredakan stres adalah sesuatu yang sudah kita lakukan sepanjang waktu, yakni bernapas.

Tapi tidak sembarang pernapasan yang sebaiknya kita lakukan. Dr Borland merekomendasikan untuk melakukan pernapasan diafragma, yang juga dikenal sebagai pernapasan perut.

Ini adalah jenis pernapasan mendalam yang membuat perut kita membesar saat kita menarik napas.

Caranya sederhana, yakni menghirup napas perlahan melalui hidung dengan menggembungkan perut, bukan dada, lalu menghembuskan napas secara bertahap melalui mulut. 

Rasakan perut membesar dan diafragma naik saat mengambil napas, kemudian mengempis lagi saat membuang napas.

Saat kita stres atau kesal, sistem saraf simpatik kita menjadi aktif. Nah pernapasan diafragma melibatkan sistem saraf parasimpatis kita, dan berperan untuk menenangkan emosi.

Kita juga dapat meningkatkan pernapasan diafragma dengan kata-kata atau visualisasi yang menenangkan. Coba ucapkan kata "santai" atau "lepaskan." Atau bayangkan kita sedang bersantai di pantai atau di hutan.

Baca juga: 7 Teknik Latihan Pernapasan Pereda Stres, Mau Coba?

2. Lewati stres dengan olahraga

“Saya adalah pendukung besar untuk aktivitas fisik dalam meredakan ketegangan,” kata Dr. Borland.

“Banyak orang cenderung salah mengartikan bahwa mereka harus menjadi anggota gym, padahal itu tidak perlu. Berjalan, naik tangga, atau apa pun yang membuat kita bergerak akan membantu,” katanya.

Dr. Borland juga menyebut yoga, yang berfokus pada kesadaran dan pernapasan, adalah pereda stres yang hebat. Beberapa orang mungkin mencibir, tetapi jika mereka mencobanya, mereka akan menyadari bahwa latihan ini sangat membantu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com