Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan Bayam seperti Popeye Bikin Otot Lebih Kuat, Benarkah?

Kompas.com - 02/07/2021, 13:33 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Banyak dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan karakter Popeye. Ya, si pelaut yang suka makan sayur bayam untuk memperbesar ototnya.

Kisah Popeye dan kekuatannya ini tentu membuat kita bertanya-tanya, apakah benar dengan makan sayur bayam, bisa membuat otot menjadi lebih besar dan kuat?

Ketua Departemen Ilmu Gizi di Oklahoma University, Norman Hord pun mencoba menjawabnya.

Baca juga: Resep Tumis Bayam Jamur, Masak Cepat untuk Makan Malam

Menurut dia, satu hal yang dapat mendukung koneksi antara makan bayam dan kekuatan otot adalah karena bayam mengandung banyak nitrat yang dapat meningkatkan daya tahan otot.

Nitrat ini dengan cepat habis selama latihan atau aktivitas fisik dan mengisinya kembali meningkatkan produksi kekuatan dalam melatih otot rangka.

"Penelitian lebih lanjut sedang dilakukan sekarang untuk menentukan apakah peningkatan nitrat dalam otot diterjemahkan untuk meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan kinerja atletik," tambahnya.

Sementara itu, ahli kebugaran dan olahraga, Timothy Ferriss merekomendasikan diet rendah karbohidrat dengan telur, daging, ikan, lentil, dan bayam sebagai cara tercepat untuk menurunkan berat badan serta kebugaran secara keseluruhan.

Hal ini juga sesuai dengan pengamatan Hord bahwa bayam mengandung banyak vitamin K, yang membantu menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit kardiovaskular.

Di samping itu, bayam merupakan sumber vitamin C yang baik dan tidak mengandung kolesterol atau lemak.

Harold McGee, seorang dekan ilmu kuliner, berpendapat bahwa ada sumber mineral di dalam bayam yang menjadi pembangun kekuatan yang lebih baik.

"Bayam mengandung vitamin A dan zat besi yang berperan penting dalam membangun otot dan membuat otot menjadi lebih kuat," ujar dia.

Cara mendapatkan manfaat bayam

Ahli gizi yang berbasis di Atlanta, Rahaf Al Bochi, memuji manfaat kesehatan sayuran secara keseluruhan.

"Saya merekomendasikan orang-orang untuk menambahkan bayam ke dalam pola makan mereka," kata dia.

Baca juga: Simak, Ini Cara Merawat Tanaman Bayam Merah

"Sebab, bayam mengandung antioksidan dan vitamin seperti folat, magnesium, dan vitamin A, serta serat yang penting untuk mengurangi risiko penyakit kronis," sambung dia.

Bayam juga memiliki banyak lutein yang diyakini dapat mendukung kesehatan mata dan mengurangi kejadian degenerasi makula, ini sangat baik untuk orang-orang berusia 55 tahun ke atas.

Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com