Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Tak Bikin Depresi, Influencer Wajib Labeli Foto Editan di Medsos

Kompas.com - 04/07/2021, 15:54 WIB
Intan Pitaloka,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Di era media sosial yang menjamur seperti saat ini, tindakan mengedit foto atau menggunakan fitur filter bukanlah hal yang asing. Kebanyakan dari anak muda, terutama influencer terbiasa akan hal ini.

Namun, Norwegia baru-baru ini memberlakukan peraturan untuk Influencer mengenai upload foto hasil edit atau pun menggunakan filter di sosial media.

Dalam aturan itu disebutkan bahwa Influencer yang memposting foto hasil editan harus  mencantumkan keterangan. Jika tidak, maka tindakan ini dianggap ilegal.

Langkah khusus ini dilakukan di tengah meningkatnya kekhawatiran akan kesehatan mental yang disebabkan oleh platform media sosial seperti Instagram dan TikTok.

Amandemen yang dibuat oleh Kementerian Norwegia menyatakan bahwa iklan yang menampilkan segala jenis perubahan pada bentuk, ukuran, atau warna kulit tubuh harus melabelinya dengan menggunakan aturan standar yang akan disediakan oleh pemerintah.

Undang-undang baru ini secara langsung berdampak pada influencer dan selebritas yang mempromosikan postingan iklan berbayar mereka di media sosial.

Penggunaan filter juga harus menyertakan pengakuan bahwa gambar telah diubah. Bagi yang melanggar hukum, maka akan dikenakan denda berat dan kemungkinan hukuman penjara.

Baca juga: Agar Tak Krisis Pede karena Penampilan Fisik Influencer di Instagram

Banyak kelompok advokasi dan anggota parlemen di seluruh dunia telah vokal mengkritik Instagram dan Facebook karena kontennya yang memicu kecemasan dan depresi kepada audiens yang lebih muda.

Banyak orang yang terpapar oleh "kesempurnaan" para model dan influencer kemudian menganggap dirinya buruk dan tidak layak, sehingga menjadi cemas dan depresi.

Pada tahun 2017, Royal Society for Public Health Inggris menemukan bahwa Instagram merugikan kesehatan mental anak muda.

Peraturan ini mendapat dukungan luas dari banyak komunitas Influencer Norwegia. Beberapa bahkan menyarankan agar negara melangkah lebih jauh dengan memperluas undang-undang untuk mencakup konten di media sosial.

Masih belum pasti seberapa lama Norwegia berencana untuk menggunakan peraturan baru ini, namun, orang Norwegia sangat mengharapkan peraturan ini segera berlaku.

Baca juga: Aku dan Instagram Influencer: Kok Aku Tidak seperti Mereka?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com