Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Cuci Tangan Setelah Menyentuh Benda-benda Ini!

Kompas.com - 06/07/2021, 16:32 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat kita harus lebih berhati-hati dalam memegang benda-benda dan segera mencuci tangan setelah menyentuhnya.

Sebab, mencuci tangan sangat penting untuk tetap menjaga kebersihan tangan dan membatasi perpindahan bakteri, virus, atau kuman lainnya.

Berbagai badan kesehatan pun telah merekomendasikan penggunaan sabun dan air bersih atau hand sanitizer berbasis alkohol untuk membersihkan tangan secara efektif.

Nah, berikut ini terdapat sejumlah daftar benda-benda yang biasanya ditempeli banyak bakteri dan virus, sehingga kita perlu segera mencuci tangan setelah menyentuhnya.

1. Uang tunai

Meski sebagian besar orang saat ini lebih sering menggunakan kartu debit atau pembayaran digital ketika berbelanja, tetapi beberapa tempat masih menggunakan uang tunai sebagai alat pembayaran.

Uang tunai pastinya menjadi salah satu benda yang memiliki banyak kuman, sehingga apabila kita menyentuhnya pastikan untuk mencuci tangan sesegera mungkin.

Para peneliti di New York City juga menemukan ratusan mikroorganisme seperti bakteri dan virus pada uang tunai.

Sementara itu, penelitian serupa telah menunjukkan beberapa uang tunai dan koin bahkan mengandung patogen seperti E. coli dan salmonella.

Baca juga: Benarkah Uang Kertas Bisa Sebarkan Virus Corona?

2. Pegangan tangan atau gagang pintu

Seorang dokter kulit di Columbia University Medical Center, Katy Burris, MD mengatakan bahwa mencuci tangan sangat penting untuk membatasi penyebaran bakteri dan virus.

"Salah satu waktu penting untuk mencuci tangan adalah setelah naik transportasi umum, di mana banyak orang terus-menerus menyentuh permukaan yang sama," terangnya.

"Ini mencakup semuanya, mulai dari pegangan tangan di eskalator, tiang di kereta, hingga gagang pintu kamar mandi," sambung dia.

Baca juga: 7 Bagian Kamar Hotel yang Berisiko Tularkan Kuman dan Bakteri

3. Buku menu restoran

Restoran bisa menjadi tempat yang dipenuhi kuman, tetapi buku menu adalah pembawa bakteri dan virus yang terburuk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com