Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain untuk Kesehatan Mata, Ini Manfaat Lain Mengonsumsi Wortel

Kompas.com - 12/07/2021, 13:01 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wortel merupakan salah satu sayuran akar paling populer yang sangat bergizi dan baik dikonsumsi untuk kesehatan mata.

Nah ternyata sayuran berwarna cerah ini juga mengandung banyak antioksidan penangkal radikal bebas yakni karotenoid, polifenol, dan vitamin.

Seperti yang kita ketahui, antioksidan adalah senyawa nabati yang dapat menetralisir efek radikal bebas penyebab kerusakan sel, peradangan, serta kanker.

Dengan tingkat antioksidan wortel yang tinggi, salah satu efek mengesankan dari mengonsumsi sayuran ini adalah manfaatnya melawan kanker.

Baca juga: Manfaat Wortel untuk Kesehatan agar Hidup Lebih Berwarna

Mencegah kanker

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa makan wortel dapat memainkan peran utama dalam pencegahan kanker lambung, kanker usus besar, kanker prostat, leukemia, dan kanker paru-paru.

Hubungan asupan wortel dengan pencegahan kanker mungkin disebabkan karena ketersediaan hayati dua karotenoid (alfa karoten dan beta karoten), yang merupakan senyawa dengan aktivitas antioksidan tinggi.

Wortel yang dimasak mengandung dua karotenoid tingkat tinggi yakni 3.723 mikrogram alfa karoten dan 9.771 mikrogram beta karoten.

Sebenarnya, antioksidan bekerja melalui beberapa mekanisme.

Tetapi, pada akhirnya, antioksidan bertindak untuk memodulasi stres oksidatif yang disebabkan oleh aktivitas metabolisme normal serta faktor gaya hidup seperti merokok, olahraga, dan diet.

Tingkat stres oksidatif yang tinggi juga dikaitkan dengan tingkat peradangan yang lebih tinggi dan beberapa penyakit kronis seperti kanker.

Baca juga: Terlalu Banyak Makan Wortel Bikin Warna Kulit Berubah, Percaya?

Seberapa banyak wortel yang dikonsumsi

Satu studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi hanya 67 gram wortel sehari dapat menurunkan risiko kanker prostat.

Itu setara dengan hanya satu wortel berukuran sedang atau setengah mangkok irisan wortel.

Tentunya, makan wortel saja tidak cukup untuk mengurangi risiko kanker karena banyak kebiasaan gaya hidup terkait dengan kanker yang harus kita hindari, termasuk merokok, minum alkohol, kurang olahraga, dan pola makan yang buruk.

Selain itu, genetika dan kondisi kesehatan lainnya seperti obesitas maupun diabetes juga meningkatkan risiko kanker.

Menambahkan wortel ke dalam makanan kita seharii hanyalah salah satu cara supaya kita dapat mengurangi risiko penyakit mematikan ini.

Baca juga: Benarkah Makan Wortel Bisa Sembuhkan Mata Minus?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com