Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Informasi Vaksin Covid-19 yang Tak Berdasar, Awas Termakan Hoaks!

Kompas.com - 12/07/2021, 16:14 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia makin diperburuk dengan banyaknya  hoaks yang beredar di masyarakat, termasuk soal vaksin.

Kabar palsu yang terus berkembang ini menyulitkan penanganan karena banyak masyarakat yang terpengaruh. Bahkan, banyak yang tidak mengakui keberadaan virus Covid-19 dan menganggap pandemi ini sekedar rekayasa.

Akibatnya, banyak yang abai menjalanankan protokol kesehatan dan enggan divaksin. Padahal, dua cara ini adalah cara terbaik untuk mengurangi risiko penyebaran virus agar kondisi kembali normal.

Sayangnya, masih banyak menolak vaksinasi karena terjebak teori konspirasi maupun kabar burung yang tidak berdasarkan.

Informasi palsu ini menyebar dengan cepat lewat Whatsapp maupun media sosial, membuat banyak keluarga dan kerabat terpecah.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Ganggu Siklus Menstruasi? Simak Penjelasannya

Untuk membantu memerangi hoaks yang menyebar di keluarga kita, berikut adalah penjelasan soal berbagai mitos vaksin Covid-19 yang salah kaprah.

  • Vaksin tidak berkualitas karena dibuat terburu-buru

Salah satu hoaks yang menyebar menyebut, vaksin Covid-19 dibuat dengan terburu-buru sehingga tidak efektif dan memiliki banyak efek buruk pada tubuh. Vaksin yang tersedia tidak dipersiapkan dengan layak dan tidak diuji klinis.

Faktanya, kondisi darurat pandemi global telah memungkinkan peningkatan pendanaan dan upaya agar perusahaan farmasi dapat mengembangkan vaksin tepat waktu. Hal ini belum pernah terjadi pada pembuatan vaksin sebelumnya.

Waktu yang dipersingkat bukan berarti tidak dilakukan sesuai protokol atau menghilangkan pengujian menyeluruh.

Baca juga: Hasil Riset: Separuh Penduduk Jakarta Pernah Positif Covid-19

 

FDA, lembaga obat dan pangan di AS, juga tidak mengizinkan penggunaan darurat vaksin virus corona tanpa menyelesaikan tinjauan independen yang ketat dengan berbagai tahap uji klinis.

"Urgensi situasi adalah tekanan yang menurut saya sangat penting bagi kita semua," kata Stephen Hahn, MD, komisaris FDA. Menurutnya, para ilmuwan menyadari ini dan bekerja dengan kecepatan tinggi.

Seorang anak di Bali ikut vaksinasi Covid-19 di SMAN 4 Denpasar, Senin (5/7/2021)KOMPAS.com/Ach. Fawaidi Seorang anak di Bali ikut vaksinasi Covid-19 di SMAN 4 Denpasar, Senin (5/7/2021)

Proses produksi vaksin juga tetap mempertahankan komitmen untuk menggunakan data dan sains.

Menurut FDA, produsen biofarmasi harus mengikuti peserta studi setidaknya selama dua bulan setelah menyelesaikan seri vaksinasi, untuk memastikannya aman dan efektif, agar layak menerima otorisasi penggunaan darurat.

Baca juga: Panduan Penggunaan Vaksin Sinovac untuk Anak dari BPOM

  • Vaksinasi membuat seseorang kebal Covid-19

Banyak orang meragukan vaksin karena masih ada penerima vaksinasi yang mengalami infeksi Covid-19. Anggapannya, vaksinasi akan membuat kita benar-benat terbebas dari penyebaran virus ini.

Hal ini tentu saja salah karena, seperti kebanyakan vaksin, para ilmuwan mengantisipasi bahwa vaksin COVID-19 tidak akan 100 persen efektif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com