Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/07/2021, 10:35 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar vaksinasi Covid-19 untuk mendukung Pemerintah dalam penanggulan pandemi Covid-19. Sentra vaksinasi PMI juga akan digelar di berbagai daerah berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Dijelaskan oleh Sekretaris Jenderal PMI Pusat, Sudirman Said, sentra vaksinasi ini menargetkan 1.000 vaksinasi per hari.

"Pekan lalu kami memulai memanfaatkan markas PMI Pusat sebagai tempat vaksinasi. Alhamdulillah sambutan masyarakat cukup baik; dan prosesny berjalan baik dengan menjaga ketat prokes," ungkap Sudirman Said.

Dia menambahkan, PMI Pusat menjadi pilot project di kegiatan ini dan akan berlangsung sepuluh hari ke depan.

"Kami juga sedang lakukan assessment kapasitas markas-markas lain di Jawa dan Bali untuk melakukan hal yang sama," ungkapnya.

Baca juga: 4 Sentra Vaksinasi Covid-19 Massal di Depok yang Bisa Daftar Online

Agar kegiatan vaksin tidak mengganggu kegiatan PMI yang rutin seperti donor darah, Sudirman Said menyatakan sebisa mungkin vaksinasi tidak dilalukan di Unit-unit donor darah.

"Karena UDD sangat sibuk untuk melayani donor darah dan donor plasma. Selain itu juga melayani masyarakat yang membutuhkan darah dan plasma," ungkapnya.

Dia menambahkan, PMI sedang mengupayakan sumbangan vaksin dari negara sahabat melalui jaringan Palang Merah Internasional.

Antar jemput plasma konvalesen

Sebelumnya, PMI juga meluncurkan jasa jemput-antar untuk donor plasma konvalesen secara gratis, bekerja sama dengan perusahaan jasa transportasi Blue Bird.

Layanan kemanusiaan ini diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan plasma konvalesen yang mengalami peningkatan permintaan dalam beberapa pekan.

Baca juga: Kisah Suami Istri Donasikan Plasma Darah, Selamatkan 68 Pasien Covid-19

"Kami sudah berupaya secara maksimal untuk mendistribusikan plasma konvalesen, tapi persoalannya jumlah penyintas yang menjadi donor sedikit," ujar Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) dalam keterangannya, Senin (12/7/2021).

"Sementara permintaannya saat ini tinggi sekali, di DKI saja daftar tunggunya mencapai ribuan," kata Kalla.

Seperti diketahui, plasma konvalesen diberikan kepada pasien Covid-19 sebagai terapi pendamping. Plasma darah yang mengandung antibodi penyintas Covid-19 tersebut disebut dapat membantu meningkatkan pertahanan antibodi penderita terhadap virus corona.

Baca juga: PMI Luncurkan Layanan Jemput-Antar Donor Plasma Konvalesen Gratis

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com