Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Hindari Penularan Covid-19 Saat Belanja Bulanan

Kompas.com - 13/07/2021, 11:19 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memberikan banyak perubahan dalam aktivitas kita sehari-hari. Tujuannya untuk menekan risiko penyebaran virus khususnya di tengah meningkatnya kasus infeksi.

Kita diharuskan beraktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan ketat untuk mencegah infeksi virus. Metode daring dijadikan alternatif utama termasuk untuk bekerja, bersekolah dan berbelanja.

Sayangnya, berbelanja online tidak bisa selengkap atau memuaskan seperti pergi ke supermarket, pasar atau toserba. Apalagi jika tujuannya adalah belanja bulanan kebutuhan rumah tangga yang jenisnya bisa sangat bervariasi dan banyak.

Baca juga: Ingin Lebih Irit saat Belanja Bulanan? Ini Tipsnya

Hal ini khususnya menjadi kesulitan bagi para ibu yang sudah terbiasa dengan cara berbelanja konvensional. Padahal kebutuhan makanan dan bulanan di rumah tetap harus dipenuhi.

Sebenarnya, kita boleh saja sesekali beraktivitas di luar rumah jika memang diperlukan. Namun, lakukan sejumlah persiapan khusus dan rencanakan dengan matang agar perjalanan berbelanja bisa dilakukan secara efektif dan efisien.

Berikut adalah tujuh kiat berbelanja yang aman selama pandemi agar kita terbebas dari risiko Covid-19:

  • Jika memungkinkan, belanja kebutuhan via online

Saat ini ada banyak pedagang yang menyediakan jasa dan produknya secara daring. Kita bisa memesannya lewat telepon, transfer pembayaran dan produk dikirimkan ke rumah.

Tak perlu selalu lewat marketplace, kini ada banyak pedagang lokal yang menyediakan jasa ini termasuk untuk sayur dan produk segar lainnya.

Baca juga: Tak Perlu ke Pasar, Ini 5 Referensi Aplikasi Belanja Sayur Online

Jika terpaksa harus keluar rumah untuk berbelanja, lakukan dengan cepat dan tidak bertele-tele. Buat daftar kebutuhan bulanan yang harus dibeli agar waktu belanja jauh lebih singkat.

Pilih lokasi belanja, seperti supermarket atau pasar, yang sudah sering dikunjungi. Tujuannya agar kita tahu di mana letak barang yang dicari sehingga tak perlu membuang waktu mengitari pasar.

Pasar buah dan sayuran segar di Ciloto, Puncak, Cianjur.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Pasar buah dan sayuran segar di Ciloto, Puncak, Cianjur.

  • Pakai masker dengan benar

Pakai dua lapis masker untuk menekan risiko paparan virus Covid-19 di luar rumah. Gunakan masker dengan benar sepanjang perjalanan berbelanja.

Baca juga: Gugus Tugas Covid-19: Orang Sehat Pakai Masker 2 Lapis, Orang dengan Gejala Pakai Masker 3 Lapis

Jangan membuka atau menurunkan masker selama kita berbelanja atau terpaksa berinteraksi dengan orang lain.

  • Jaga jarak minimal satu meter

Terapkan protokol kesehatan dengan memastikan selalu menjaga jarak dengan orang lain, minimal satu meter. Carilah pedagang di pasar yang lebih sepi, rak supermarket yang lengang dan tidak ada kerumunan orang.

Jika tak ada pilihan lain, ambil jarak aman agar tidak berisiko pada kesehatan kita.

  • Cuci tangan dan bawa hand sanitizer

Mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah keluar rumah dapat mencegah risiko paparan Covid-19. Cuci tangan dengan benar dan menyeluruh agar seluruh bakteri dan virus yang didapat di perjalanan hilang sempurna.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com