Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/07/2021, 09:23 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Berjalan kaki di pantai untuk berolahraga atau sekadar menghirup udara yang segar sambil melihat pemandangan indah ternyata memiliki banyak manfaat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki di pantai sangat baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mulai dari membakar kalori hingga meredakan stres.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat berjalan kaki di pantai bagi kesehatan, simak poin-poin penting yang perlu kita ketahui, berikut ini.

1. Membakar lebih banyak kalori

Berjalan kaki di pantai mungkin akan jauh lebih berat karena kita harus berjalan di atas pasir, bukan di atas jalanan beraspal atau trotoar.

Namun, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Biology, berjalan di atas pasir memiliki efek mendalam pada mekanika dan energi penggerak.

Faktanya, penelitian tersebut mencatat bahwa berjalan di atas pasir membutuhkan kerja mekanis 1,6-2,5 kali lebih banyak daripada berjalan di permukaan yang keras dengan kecepatan yang sama.

Berjalan di atas pasir juga dapat membakar lebih banyak kalori daripada berjalan di atas jalanan beraspal biasa.

Sementara itu, sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Healthcare (Basel) menemukan bahwa berjalan di atas pasir bisa mengecilkan pinggang hingga 2,3 cm.

Terlebih lagi, setelah empat bulan, peserta penelitian yang berjalan di pasir melaporkan kualitas hidup yang lebih tinggi dan kontrol diet yang lebih baik.

Baca juga: Berapa Kalori yang Terbakar dengan Jalan Kaki?

2. Melatih lebih banyak otot dan tendon

Berdasarkan penelitian yang disebutkan di atas, berjalan di atas pasir dapat melatih lebih banyak otot dan tendon.

Singkatnya, setiap kali kaki menjejakkan pasir, kita akan mengaktifkan lebih banyak otot di seluruh tubuh untuk mengangkatnya daripada jika kita melangkah di jalanan beraspal.

Menurut Healthline, adanya cengkeraman pasir akan memperkuat otot-otot di antara kaki dan punggung, terutama betis, paha depan, dan otot pinggul.

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Sports Sciences mengungkapkan bahwa berolahraga di atas pasir juga dapat mengurangi risiko cidera.

Halaman:
Sumber Eat This
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com