Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Telemedicine Saat Pandemi Permudah Akses Kesehatan Anak

Kompas.com - 14/07/2021, 16:32 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Melonjaknya jumlah pasien kasus Covid-19 di Indonesia membuat fasilitas kesehatan kini diprioritaskan untuk menangani pasien yang terinfeksi Covid-19 dengan gejala sedang dan berat.

Kondisi tersebut membuat sebagian besar masyarakat kesulitan mengakses fasilitas kesehatan, terutama anak-anak yang sakit non-covid.

Layanan telemedicine bisa menjadi alternatif masyarakat untuk menjangkau dokter di masa pandemi tanpa perlu bertatap muka.

Untuk membantu orangtua berkonsultasi dengan dokter anak, Lifebuoy bersama KlikDokter menghadirkan layanan telemedicine "Lifebuoy Dokter Keluarga".

Orangtua juga dapat menanyakan berbagai hal seputar keluhan kesehatan yang dialami anak-anak.

"Di masa pandemi, orangtua semakin khawatir saat membawa anak secara langsung ke dokter atau rumah sakit, terlebih akses terhadap fasilitas kesehatan menjadi terbatas karena meningkatnya risiko penularan virus."

Begitu penjelasan Maulani Affandi selaku Head of Skin Cleansing and Baby Unilever Indonesia dalam webinar Lifebuoy Dokter Keluarga, Selasa (13/7/2021).

Baca juga: Catat! 11 Platform Layanan Telemedicine untuk Pasien Isolasi Mandiri

"Untuk itu, Lifebuoy bekerjasama dengan KlikDokter menghadirkan layanan telemedicine yang menyediakan akses konsultasi kesehatan dengan dokter spesialis anak," tambah dia.

Lebih jauh Maulani mengungkapkan bahwa telemedicine ini dapat menjangkau lebih dari tiga juta keluarga di Indonesia sebagai alternatif layanan kesehatan di masa pandemi.

Sementara itu, dokter spesialis anak, Dr Kanya Ayu Paramastri, SpA mengatakan bahwa layanan telemedicine ini sangat penting bagi orangtua karena menghadirkan layanan 24 jam yang mudah diakses.

"Melalui layanan telemedicine, dokter bisa memberikan panduan penanganan kesehatan bagi orangtua sebelum memutuskan untuk membawa anak mereka ke rumah sakit," jelasnya.

"Hal ini juga sangat penting untuk mengurangi paparan virus terhadap anak-anak yang sakit bukan karena Covid-19 atau non-covid di rumah sakit," imbuh dia.

Adapun konsultasi dokter melalui telemedicine di aplikasi KlikDokter ini dengan jadwal konsultasi dokter anak pada pukul 14.00 - 20.00, sementara dokter umum pada pukul 20.00 - 14.00.

Untuk mengakses layanan ini, konsumen perlu melakukan pembelian produk Lifebuoy Total 10 buah kemasan khusus KlikDokter akan mendapatkan kode voucher untuk berkonsultasi.

Baca juga: Prokes di Rumah Kendur Menjadi Penyebab Anak Sakit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com