Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertahan Hidup, Trainer Zumba Banting Harga Jadi Rp10.000 per Sesi

Kompas.com - 15/07/2021, 17:39 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 berkepanjangan membuat banyak orang harus mempertahankan perekonomiannya mati-matian. Bisnis lesu sehingga banyak orang kehilangan pekerjaan dan penghasilannya.

Lewat media sosial, kita menyaksikannya banyak orang terpaksa melelang barang dan asetnya demi memenuhi kebutuhan hidup.

Para penyedia jasa terpaksa memberikan diskon besar-besaran demi meraih konsumen.

Seperti unggahan Rida Setiani, salah satu instruktur kebugaran di Cimahi, Jawa Barat, yang belum lama ini viral di Instagram.

Demi bertahan hidup, ia menjual kelas zumba secara daring dengan harga Rp10.000 per 65 menit. Sangat murah jika dibandingkan tarif biasanya di Jakarta, berkisar Rp100.000 untuk satu jam.

"aku butuh uang untuk makan aq&anakku serta untuk bayar cicilan2. krn musim covid mempengaruhi penghasilanku. Please bantu join class zoom aq. Link entry/org hanya Rp10.000," demikian isi salah satu postingan di akun @rida_setiani itu.

Baca juga: Yuk, Rutin Zumba untuk Jaga Kesehatan Jantung

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Instructor Rida Setiani???????? (@rida_setiani)

Dari pengakuannya, ia mengaku sedang kesulitan menjual kelas kebugaran yang jadi sumber penghasilannya. Sementara itu, ada banyak kebutuhan dan pengeluaran yang tetap harus dipenuhi.

"Tau banget dengan Tulisan status ku gini akan Banyak Haters yg Ngetawain tp Demi bisa makan Aq gak peduli. Dan aq pun sangat berterimakasih Banyak kepada Peserta2 aq yg sampai saat PPKM ini masih Support join Class aq lewat Zoom????????????" ujarnya melalui caption yang disertakan.

Rida yang berpengalaman belasan tahun mengajar kelas kebugaran serta mengantongi lisensi untuk mengajar zumba. Tapi toh, keahliannya itu tidak cukup untuk membuatnya bisa hidup lega di tengah himpitan perekenomian kala pandemi.

Ilustrasi kelas Zumba.SHUTTERSTOCK Ilustrasi kelas Zumba.

Pandemi, Pukulan Telak Bagi Bisnis Kebugaran

Kisah pilu yang dialami oleh Rida Setiani menjadi sedikt gambaran kesulitan ekonomi yang dialami banyak orang saat ini. Tanpa mengecilkan sektor lainnya, bisnis kebugaran memang salah satu yang paling terkena imbas pandemi Covid-19.

Aktivitas yang enerjik, berpeluh keringan dan dilakukan oleh banyak orang dalam satu ruangan memang berisiko tinggi dalam penyebaran virus.

Berbagai kelas olahraga termasuk zumba, pilates maupun latihan fisik di gym terpaksa harus ditiadakan.

Baca juga: 3 Alternatif Olahraga Pakai Alat Gratis di Rumah, Serasa di Gym

Tak pelak, berbagai trainer kebugaran harus kehilangan pekerjaannya sekaligus pemasukannya. Ada beberapa yang melakukan inovasi dengan menggelar kelas online, sayangnya minatnya tak setinggi biasanya.

Marcellina Leonora, fitness trainer yang berpengalaman lebih dari 7 tahun, mengatakan banyak klien yang merasakan kenyamanan saat berlatih di gym dengan alat lengkap dan bisa berinteraksi langsung dengan pelatihnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com