Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/07/2021, 08:59 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Moms

KOMPAS.com – Jika diumpamakan, anak seperti sebuah spons yang menyerap apapun yang ada di sekitar mereka berkat kepolosannya.

Mereka belajar dan meniru perilaku orang di sekitarnya, termasuk orangtuanya. Anak yang dibesarkan di lingkungan yang baik, juga akan tumbuh menjadi orang baik.

Hal ini dapat membuat anak lebih peduli, murah hati, dan dermawan. Anak juga biasanya menunjukkan perilaku empati tanpa mereka sadari.

Contohnya, saat kita sedih, biasanya anak-anak akan datang menghibur kita atau berbagi makanan saat melihat orang lain yang tidak memiliki makanan.

Namun di sisi lain, anak bisa menjadi sangat egois dan tidak mau membagikan apapun yang dia miliki, jika dia tidak melihat contoh serupa.

Karena itu, yang diperlukan anak adalah melatih empati mereka dan belajar bagaimana menjadi lebih murah hati dan dermawan.

Baca juga: Tips Mengajarkan Anak agar Suka Menolong

Berikut enam cara membuat anak menjadi murah hati dan dermawan yang bisa kita jajal.

1. Puji kemurahan hati alami anak

Anak senang dipuji saat mengerjakan sesuatu yang baik, dan itu adalah hal yang alami dalam perkembangan anak. Karena itu, puji anak saat mereka melakukan sesuatu yang menunjukkan kedermawanan mereka.

Misalnya, dengan mengatakan, “Wah, kamu dermawan sekali,” saat anak memberikan atau membagikan kue miliknya pada orang lain.

Anak akan senang dan mulai melakukan hal dermawan lainnya.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa anak akan berperilaku murah hati dan dermawan jika mereka diperhatikan. Orangtua yang menyadari niat baik anak tentu dihitung sebagai “memperhatikan’ anak.

Baca juga: Terungkap, Hubungan Sifat Murah Hati dan Suksesnya Kehidupan Seks

2. Donasikan mainan setiap tahun

Jika kita cukup beruntung untuk bisa membelikan anak banyak mainan, cobalah lakukan donasi untuk mengajarkan perilaku dermawan pada anak.

Katakan pada anak bahwa di dunia ini, tidak semua orang beruntung dan punya banyak mainan seperti dia.

Halaman:
Sumber Moms
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com