Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surat Terbuka Didi Riyadi Tolak Perpanjangan PPKM Darurat

Kompas.com - 16/07/2021, 13:24 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Didi Riyadi merilis surat terbuka penolakan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat yang ditujukan kepada Presiden RI Joko Widodo.

Pria yang berkiprah sebagai pesinetron dan musisi ini menyampaikan pendapat melalui akun Instagram-nya, @didiriyadi_official. Dalam unggahan tersebut, terdapat potret dirinya dan tiga lembar surat yang berisi pendapat serta kepeduliannya terkait kondisi belakangan ini.

"Tanpa mengurangi rasa hormat, izinkan saya menyampaikan pendapat yang berkaitan dengan situasi kondisi terkini khususnya yang berhubungan dengan adanya wacana perpanjangan PPKM darurat.." tulisnya, dikutip dari unggahan terbarunya itu.

Menurutnya, PPKM yang diberlakukan di Jawa dan Bali membuat banyak orang terkena imbas dalam hal ekonomi. Banyak yang kehilangan pekerjaan sehingga sulit untuk makan.

Ia juga menyampaikan dua fakta untuk mendukung pendapatnya itu. Pertama, banyak usaha yang gulung tikar, karyawan yang mengalami PHK, dan para seniman yang tidak bisa tampil.

Baca juga: Hampir Dua Pekan PPKM Darurat, Pemprov DKI Didesak Percepat Penyaluran Bansos Tunai

Kedua, Didi menilai PSBB, PPKM, atau sejenisnya tidak dapat meredam penyebaran virus Covid-19.

Menurutnya, perpanjangan pembatasan darurat tersebut tidak akan bisa menyelesaikan wabah. Ia mengibaratkan, masyarakat hanya dipaksa untuk memilih buah simalakama, mati karena wabah atau karena kelaparan.

Didi juga menambahkan, pendapatnya itu berdasarkan data sekunder yang telah dikumpulkannya.

Sumbernya berupa pemberitaan media, media sosial, ataupun interaksi dengan kalangan masyarakat, termasuk sejumlah kru produksi sinetron yang biasa bekerja sama dengannya.

Selain itu, ia juga mengakui mengalami imbasnya secara langsung sejak awal pandemi.

Baca juga: Sebelum Perpanjangan PPKM Darurat, Presiden Jokowi Diminta Evaluasi Lebih Dahulu

Dalam unggahannya, Didi menandai akun sejumlah menteri, termasuk Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, serta Menteri Kesehatan Budi Sadikin.

Unggahan ini mendapatkan likes sebanyak 125.000  dan ribuan komentar dari pengguna Instagram lainnya. Beberapa rekan artis juga menyatakan dukungan pada sikap Didi ini karena dianggap telah mewakili suara banyak orang.

"Tulisan yg sangat Bijaksana & Saya pun sangat setuju , Bravo My Brother ????????????" ujar salah satu rekan sesama artis, Femmy Permatasari, lewat akun @femmypermatasari.

 Baca juga: Begini Cara Dian Sastro Menghibur Diri di Rumah Kala PPKM

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com