Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bintang TikTok Khaby Lame, Populer "Hanya" karena Video Sederhana

Kompas.com - 19/07/2021, 08:06 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Sosok Khaby Lame mungkin sudah sangat dikenal di kalangan pengguna media sosial. Meski dikenal sebagai bintang TikTok, akun Instagram Khaby juga sudah diikuti lebih dari 29,9 juta orang dan wajahnya kerap nongol di banyak meme.

Sementara di platform TikTok, akun Khaby Lame sudah diikuti lebih dari 90,1 juta orang.

Menurut BBC, Khaby adalah figur dengan pengikut terbanyak kedua di TikTok. Adapun posisi pertama masih ditempati content creator sekaligus penari asal Amerika Serikat, Charli D'Amelio, dengan 120,3 juta pengikut.

Khaby kerap mengunggah video-video lucu di mana ia menunjukkan banyak sekali orang tampak mempersulit keadaan tanpa alasan yang jelas. Mungkin juga, itu untuk alasan "demi konten".

Biasanya, di akhir video ia akan menampilkan respons dari video orang-orang tersebut sekaligus memperagakannya ulang dengan cara yang simpel dan wajar.

Misalnya, sebuah video hack memperlihatkan seorang pria bertubuh kekar susah payah mencoba menghancurkan sebuah apel untuk memakannya. Ia kemudian merespons dengan memanfaatkan pisau untuk mengupas apel.

Sederhana dan tak ribet.

Akhir video sering kali menunjukkan dirinya memberi ekspresi memutar mata sambil menggelengkan kepala, kemudian menunjuk objek menggunakan kedua tangannya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Khaby Lame (@khaby00)

Gaya khas Khaby bahkan ikut diadopsi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam sebuah video tentang protokol kesehatan.

Dalam video tersebut, Emil -sapaan akrab Ridwan Kamil, bersama presenter Uya Kuya dan pebasket sekaligus aktor Denny Sumargo mengingatkan masyarakat agar tak menurunkan masker ke dagu.

Wajahnya ada di mana-mana, sebenarnya siapa Khaby Lame?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

Baca juga: Melamar Pekerjaan Bisa Lewat TikTok, Tertarik?

Main TikTok karena kehilangan pekerjaan

Pria dengan nama asli Khabane Lame itu lahir di Senegal, Afrika Barat, 21 tahun lalu.

Khaby baru memulai akun TikTok di masa pandemi, tepatnya Maret 2020, setelah ia kehilangan pekerjaan sebagai pegawai pabrik.

Meski lahir di Senegal, kini dia tinggal di Italia.

Khaby adalah seorang pendukung sepak bola dan sering kali mengenakan jersey di beberapa videonya. Klub favoritnya adalah Juventus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com