Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2021, 08:00 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah telah menjalankan program vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak usia 12 -17 tahun. Sayangnya, banyak anak yang terlanjur terinfeksi terlebih dulu sebelum mendapatkan vaksinasi.

Anak yang terinfeksi Covid-19 biasanya hanya mengalami gejala ringan dan sedang. Setelah sembuh, tubuh mereka telah membentuk antibodi terhadap virus meski tidak menutup kemungkinan dapat terinfeksi kembali kembali.

Risiko semakin bertambah, jika orangtua atau lingkungan sekitar masih belum bisa mengurangi mobilitas dan aktivitas di luar rumah. Terlebih lagi, penyebaran varian Delta saat ini dikatakan lebih mudah menular dan gejalanya lebih berbahaya.

Ketua Satgas Imunisasi IDAI, Prof. Dr. Cissy B. Kartasasmita, Ph.D, Sp.A(K), M.Sc, mengatakan, berdasarkan sejumlah laporan, anak penyintas Covid-19 tetap membutuhkan vaksinasi untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. 

Baca juga: Yang Perlu Anda Ketahui soal KIPI Usai Mendapat Vaksin Covid-19

"Anak masih butuh tambahan untuk push antibodinya, dia mungkin bisa dapat antibodi, -ketika terinfeksi, tapi jumlahnya berapa tidak ada yang tahu secara pasti," ujarnya seperti dikutip dari Instagram @idai_ig.

Menurutnya,  sulit memastikan apakah antibodi yang dimiliki oleh anak sudah benar-benar ampuh dalam menangkal virus. Apalagi tidak mudah untuk melakukan pemeriksaan kadar antibodi seseorang.

Pakar ilmu kesehatan anak ini menilai, anak penyintas Covid-19 yang berusia 12-17 tahun tetap membutuhkan vaksin. Paling tidak satu kali vaksin harus diberikan untuk memperkuat antibodinya.

Meski demikian, ia meminta para orangtua untuk menunggu sampai anak benar-benar sembuh dar infeksinya. Untuk mengantisipasi anak yang berstatus OTG atau kemungkinan adanya long covid, ia menyarankan vaksinasi dilakukan tiga bulan setelah terinfeksi.

Baca juga: Wamenkes Sebut Keterpakaian Ruang Rawat Intensif Anak Terinfeksi Covid-19 Meningkat

"Karena kita juga tidak tahu pasti, sembuh tidak ada gejala, jadi dinyatakan setelah tiga bulan ya, karena kita takut ada long covid," jelasnya.

Saat ini, vaksin Sinovac telah mendapatkan izin dari BPOM untuk diberikan kepada anak usia 12-17 tahun. Anak yang divaksin diharuskan dalam kondisi sehat, tidak ada keluhan batuk, pilek, panas, penyakit bawaan atau penyakit autoimun lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com