Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/07/2021, 10:00 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Situasi pandemi Covid-19 yang masih mengkhawatirkan membuat anak-anak belum dapat kembali belajar di sekolah seperti sebelumnya.

Selain harus belajar dari rumah, kontak sosial anak bersama teman-temannya juga menjadi lebih sedikit.

Situasi ini dapat menimbulkan stres pada anak.

"Perubahan dalam kehidupan sehari-hari, seperti terbatas geraknya, kebiasaan baru orangtua seperti bekerja dari rumah, sebagian ada orangtua yang diberhentikan dari pekerjaannya, sekolah dari rumah, kontak terbatas dengan teman-teman, ini merupakan konsep yang menimbulkan stres pada anak."

Demikian disampaikan oleh dr Fransiska Kaligis, SpKJ(K) dalam Seminar Umum yang ditayangkan kanal YouTube Center of e-Learning IMERI-FKUI, Rabu (28/07/2021).

 

Untuk membantu anak mengatasi rasa bosan akibat belajar dari rumah, setidaknya ada tiga hal yang dapat dilakukan, yakni:

1. Selingi istirahat berkala

Anak merasa bosan belajar online bisa juga disebabkan kesulitan fokus dalam waktu lama.

Jika masalahnya adalah hal ini, orangtua perlu memecah kegiatan belajar anak menjadi beberapa waktu dan menyelinginya dengan sesi istirahat.

"Misal sudah dilakukan (kegiatan belajar) dalam beberapa waktu, selingi istirahat dan kegiatan lain sehingga refreshment buat anak untuk kembali melanjutkan aktivitasnya," kata dia.

Orangtua juga bisa membuat kesepakatan bersama anak. Misalnya, setelah belajar 30 menit, anak boleh memiliki waktu main selama 10 menit.

Dengan begitu, anak tetap punya waktu untuk melakukan hal yang disukainya sesuai waktu yang telah disepakati di sela waktu belajarnya.

Baca juga: Ciri-ciri Anak Remaja Alami Stres di Masa Pandemi dan Solusinya

2. Memberikan contoh positif

Orangtua juga bisa memberikan contoh positif pada anak ketika bekerja dari rumah.

Misalnya, alih-alih melakukannya sambil banyak mengeluh, orangtua dapat menunjukkan ketenangan ketika bekerja dari rumah.

"Misal saat work from home kita ngedumel terus, itu juga membuat situasi yang buat anak kayaknya kok nyebelin belajar di depan komputer."

"Tapi kalau menghadapi situasi dengan tenang dan menyenangkan, anak juga mungkin belajar "oh mama papaku juga sama belajar seperti ini"," ucap Fransiska.

Memberikan kesan tenang dan menyenangkan saat bekerja dari rumah dapat memberikan contoh positif pada anak agar tak mengalami kejenuhan  saat belajar online.FREEPIK/MARY MARKEVICH Memberikan kesan tenang dan menyenangkan saat bekerja dari rumah dapat memberikan contoh positif pada anak agar tak mengalami kejenuhan saat belajar online.

3. Rutin melakukan aktivitas bersama

Di luar waktu sekolah, cobalah meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas menyenangkan bersama anak.

Menurut dr Nina Dwi Putri, SpA(K), MSc, melakukan aktivitas menyenangkan yang dilakukan bisa membantu anak mengatasi bosan saat belajar dari rumah.

Sesekali, orangtua juga bisa mengajak anak ke luar rumah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Kalau punya kendaraan bisa menggunakannya dan mencari taman kosong atau tempat terbuka yanh tidak banyak orang. Ini bisa memberikan alternatif di saat anak punya beban belajar secara daring yang banyak," ujar Nina.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Burnout Saat Bekerja di Masa Pandemi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com