Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang bagi Penulis Muda untuk Diadaptasi Naskahnya Jadi Web Series dan Film

Kompas.com - 29/07/2021, 15:48 WIB
Rekata Studio,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi


Anak perusahaan Kompas Gramedia, Rekata Studio yang menaungi platform menulis online, GWP, menandatangani perjanjian first look deal dengan Sinemart Indonesia.

Deal ini memberi Sinemart hak untuk memilih dan memproduksi naskah-naskah di www.GWP.id yang mengikuti lomba TWS 2021.

Selama 5 tahun terakhir GWP mengadakan kompetisi menulis secara online di situsnya, yang diberi nama The Writer’s Show (TWS).

Ini adalah mencari bakat-bakat penulis novel fiksi di internet. Para pemenang akan mendapatkan kesempatan untuk menerbitkan naskahnya menjadi novel melalui 7 penerbit Gramedia, yaitu Gramedia Pustaka Utama (GPU), Elex Media Komputindo, Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo), Kepustakaan Populer Gramedia (KPG), Bhuana Ilmu Populer (BIP), m&c!, dan Penerbit Buku Kompas.

Baca juga: Tips Riset untuk Menulis Novel agar Menarik

Ekosistem digital juga memudahkan penerbit untuk menemukan bibit-bibit calon penulis novel melalui berbagai platform menulis online. Jangan salah, tulisan-tulisan kita di internet yang mungkin berawal dari sebuah keisengan bisa berbuah cuan!

Sementara itu pecinta film dan sinetron Indonesia, pasti sudah tidak asing dengan Sinemart. Sinemart adalah sebuah production house dari Indonesia di bawah naungan Surya Citra Media.

Selain sinetron, Sinemart juga merambah ke web series seiring berkembangnya platform streaming online.

Beberapa web series Sinemart yang bisa disaksikan di Vidio.com adalah “Girls in the City”, “Omen”, dan “Love is (Not) Blind”.

Juga sinetron yang diangkat dari novel Gramedia Pustaka Utama, Badai Pasti Berlalu karya Marga T, dan Dari Jendela SMP karya Mira W. yang juga bisa disaksikan di SCTV dan Vidio.com

Kolaborasi Sinemart dengan GWP membuka lebih banyak kesempatan bagi Sinemart untuk mencari cerita menarik yang bisa diangkat menjadi film ataupun web series.

Harapannya, para talenta muda Indonesia semakin semangat untuk bisa berkompetisi dan berkreasi melalui penulisan cerita fiksi.

Baca juga: Seri Novel Romantis yang Diadaptasi Menjadi Film, Bikin Baper!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com