Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2021, 16:30 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Kasus ibu hamil terinfeksi Covid-19 perlu mendapatkan perhatian lebih. Selain itu, penting pula agar vaksinasi Covid-19 ibu hamil didorong agar segera dilaksanakan.

Sebab, ibu hamil termasuk kelompok rentan yang memiliki risiko tertinggi terinfeksi Covid-19. Salah satunya adalah karena kondisi imun atau kekebalan tubuh yang menurun secara alami demi melindungi janin.

"Pada ibu hamil ini masalah penting di mana dia memang imunitas tubuhnya pada dasarnya berkurang karena harus menerima janin."

Demikian diungkapkan dr Manggala Pasca Wardhana, SpOG(K) dari Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Surabaya dalam Undangan Media Tim Mitigasi IDI & POGI mengenai vaksinasi ibu hamil, Jumat (30/07/2021).

 

Secara umum ia menjelaskan bahwa infeksi virus pada dasarnya dipengaruhi oleh dua hal, yakni berapa banyak virus yang masuk dan seberapa kuat kekebalan tubuh seseorang.

Jika virus yang masuk sedikit dan kekebalan tubuh dalam kondisi baik, maka masuknya virus tak akan menyebabkan masalah kesehatan.

Sementara jika virus yang masuk sedikit tapi kekebalan tubuh kita rendah, jumlah virus yang sedikit itu mungkin sudah cukup signifikan membuat tubuh kita terinfeksi.

Infeksi juga bisa terjadi jika kekebalan tubuh sangat baik tapi virus yang masuk juga sangat banyak.

"Ya lama-lama pasukan kekebalan kita juga bisa exhausted (lelah) dan menjadi masalah," ucap Manggala.

Baca juga: Hamil Tua Bikin Ibu Lebih Rentan Terinfeksi Covid-19, Benarkah?

Mencegah ibu hamil terinfeksi Covid-19

Penting bagi ibu hamil memastikan dirinya dan janin tetap sehat. Pastikan berkonsultasi ke bidan atau dokter kandungan untuk mendapatkan tips sehat terhindar dari infeksi Covid-19.

Beberapa di antaranya seperti memastikan asupan gizi tetap terjaga, menjauhkan diri dari stres, mengatur jadwal aktivitas fisik, hingga mengurangi paparan Covid-19.

Adapun beberapa cara mengurangi paparan Covid-19 di antaranya memakai masker, rajin mencuci tangan, hingga mengurangi mobilitas.

"Kita enggak pernah tahu sebanyak apa virus yang akan hingga di kita jadi ya kita harus proteksi semaksimal mungkin," ucap manggala.

Selain itu, penting agar ibu hamil segera mendapatkan vaksinasi untuk mencegah terinfeksi Covid-19.

Menurut Manggala, saat ini kita tak perlu memperdebatkan mana jenis vaksin yang lebih efektif, sebab semua vaksin telah terbukti aman.

Hal terpenting adalah memastikan semakin banyak orang yang mendapatkan vaksin.

"Intinya secepat mungkin melakukan vaksinasi untuk banyak orang. Di kami tentunya fokus pada ibu hamil. Kalau bisa lebih cepat melakukan vaksinasi tentunya akan mengamankan lebih cepat," ujarnya.

Baca juga: Catat, 5 Cara Cegah Penularan Covid-19 di Lingkungan Rumah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com