Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Latihan yang Bisa Membantu Kita Menjadi Langsing

Kompas.com - 02/08/2021, 09:31 WIB
Intan Pitaloka,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber eatthis

KOMPAS.com - "Membuat tubuh menjadi ramping dan berotot membutuhkan disiplin dan dedikasi," kata Nicole Hogan-Jenkins, CPT, pelatih pribadi bersertifikat dan spesialis nutrisi olahraga.

Untuk mendapatkan tubuh yang langsing, kita perlu menurunkan persentase lemak tubuh sambil mempertahankan massa otot tanpa lemak.

Nah, program latihan kekuatan yang intens adalah kuncinya, karena latihan ini bisa membentuk otot, dan otot akan meningkatkan metabolisme.

Memang, latihan ketahanan harus menjadi bagian dari strategi yang bertujuan untuk membangun otot tanpa lemak dan membuang kelebihan lemak tubuh.

Nah, berikut ini adalah ide latihan bagi yang menginginkan tubuh ramping dan juga bugar.

1. Lompat tali

ilustrasi lompat talishutterstock ilustrasi lompat tali
Sangat sedikit orang dewasa memasukkan lompat tali ke dalam latihan kebugaran mereka, padahal aktivitas ini dapat membantu mencapai tujuan kebugaran kita.

"Sebagai profesional kebugaran selama lebih dari 20 tahun, saya menyadari bahwa lompat tali adalah salah satu latihan kardio paling efektif," jelas Guy Codio, CPT, dari NYC Personal Training.

Lompat tali memungkinkan seseorang melatih beberapa otot yang mungkin tidak bisa kita dapatkan dari bentuk kardio lainnya. Ini memungkinkan kita membakar lebih banyak kalori per menit.

"Bahkan, lompat tali selama 30 menit membakar sekitar 300 kalori. Itu total 2.100 kalori setiap minggu. Sederhana, tapi ini merupakan salah satu latihan paling efektif yang ada," tambah Lana Evans, PT, dari Total Shape.

Ada banyak manfaat lain dari lompat tali, Codio menambahkan, manfaatnya yaitu meningkatkan kontrol dan koordinasi motorik, kepadatan tulang, dan kapasitas kardio. 

Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Research Quarterly, di mana peneliti memisahkan sekelompok mahasiswa menjadi dua kelompok.

Satu kelompok melakukan lari 30 menit setiap hari selama enam minggu sementara kelompok lainnya melakukan lompat tali selama 10 menit setiap hari.

Pada akhir penelitian didapati bahwa 10 menit lompat tali sama bermanfaatnya dari perspektif kebugaran dan kesehatan kardiovaskular seperti halnya berlari setengah jam penuh.

Baca juga: 10 Manfaat Olahraga Lompat Tali

2. Olahraga kayak atau kayaking

Halaman:
Sumber eatthis
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com