Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/08/2021, 12:18 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Express

KOMPAS.com - Membersihkan rumah memang bukan pekerjaan yang menyenangkan. Apalagi membersihkan area dapur yang penuh dengan kotoran sisa-sisa makanan atau bekas memasak.

Ketika bersih-bersih dapur, kita sering kali melewatkan kulkas. Mungkin kita merasa selalu memperlakukan kulkas dengan baik dan tidak menyimpan terlalu banyak bahan makanan, sehingga menganggap kulkas itu selalu bersih.

Padahal, menjaga kebersihan kulkas juga akan membuat usia pakainya lebih panjang sehingga kita tak perlu membeli kulkas baru dalam waktu pendek.

Melansir Express, membersihkan kulkas secara keseluruhan idealnya dilakukan setidaknya empat kali dalam setahun. Menyimpan bahan makanan dalam jumlah yang sesedikit mungkin juga bisa membantu menjaga kulkas tetap bersih.

Untuk menjaga kulkas jauh dari bakteri, kita perlu membersihkannya dengan air dan sabun setiap malam.

Tapi, kulkas juga perlu dibersihkan secara menyeluruh. Praktisi bersih-bersih dari HomeHow.co.uk, Joyce French membagikan cara membersihkan kulkas dan langkah yang perlu kita lakukan:

1. Mengosongkan kulkas

Keluarkan semua bahan makanan dan minuman yang disimpan di dalam kulkas, termasuk di pintu kulkas. Taruh bahan-bahan tersebut di area yang telah disiapkan, misalnya meja.

Sortir bahan-bahan tersebut dan cek apakah ada yang sudah kedaluwarsa atau sudah tak diinginkan.

"Makanan apa pun yang berbau busuk dan stoples yang sudah lama disimpan di kulkas, seperti stoples selai, sebaiknya dibuang," kata Joyce.

Bakteri dapat berkembang biak pada suhu kamar. Jadi, masukkan bbahan-bahan makanan yang mudah rusak ke dalam tas pendingin ketika kita membersihkan kulkas.

Baca juga: 4 Cara Mengetahui Telur Sudah Busuk

2. Bersihkan dan bilas

Semua rak dan laci kulkas dapat dicuci di wastafel dengan cairan pencuci biasa dan air hangat.

Jika material rak terbuat dari kaca, tunggu hingga permukaannya menghangat seperti suhu kamar sebelum mencucinya. Jika tidak, maka permukaan kacanya bisa retak.

"Hindari menggunakan mesin pencuci piring karena beberapa plastik dapat berubah bentuk jika dicuci dengan suhu panas. Itu bakal memberi masalah saat kita memasangnya kembali kulkas," kata dia.

Setelah semua dicuci, biarkan mengering sebelum meletakannya kembali ke dalam kulkas.

Membiarkannya kering sempurna setelah dicuci dapat mengurangi risiko bakteri kembali masuk ke dalam kulkas.

Halaman:
Sumber Express
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com