Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Awet, Seberapa Sering Kulkas Perlu Dibersihkan?

Kompas.com - 03/08/2021, 13:20 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Jika kita seseorang yang gemar memasak, kulkas di rumah pasti akan penuh dengan bahan makanan. Kotoran yang menetes atau tersisa di kulkas kemudian memaksa kita untuk membersihkannya.

Namun, sebagian lainnya tidak menyimpan terlalu banyak bahan makanan di kulkas sehingga merasa tak perlu membersihkannya terlalu sering, terutama jika bisa menjaga kebersihan kulkas.

Padahal, kulkas juga perlu dibersihkan secara berkala untuk menjaga usia pakainya. Hal yang menjadi pertanyaan, seberapa sering kulkas harus dibersihkan?

Menurut praktisi kulkas dari Institute of Home Science, Whirlpool Corporation, Mary K Bolger mengatakan, interior kulkas idealnya dibersihkan setiap bulan. Sementara jika kulkas memiliki filter dan filter udara sebaiknya filter tersebut dilakukan dua kali dalam setahun.

Sedangkan kondensor sebaiknya dibersihkan setahun sekali.

Jika membersihkan kulkas sebulan sekali rasanya terlalu sering, pendiri Clean My Space, Melissa Maker mengatakan, membersihkan kulkas dapat dilakukan setiap tiga atau empat bulan jika kita merawatnya dengan baik setiap hari.

Misalnya, jika ada sedikit tetesan atau tumpahan, segeralah membersihkannya.

"Tapi jika ada sesuatu yang bau di kulkas dan tidak seharusnya, kita mungkin harus membersihkannya lebih sering," ucap Melissa, seperti dilansir Well and Good.

Baca juga: 3 Tips Menata Kulkas ala Marie Kondo

Menjaga kebersihan kulkas

Menjaga kebersihan kulkas menjadi kunci agar kita tak perlu terlalu sering membersihkannya secara menyeluruh.

Melansir Taste of Home, beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membersihkan kulkas harian antara lain:

  • Untuk menghindari permukaan yang kotor atau bau tak sedap, bersihkan baki dan laci lemari es setidaknya setiap minggu. Biasakan membuang makanan lama dana mengelap bagian dalam kulkas sebelum mengisinya dengan bahan makanan baru.
  • Bersihkan tetesan di kulkas setiap hari menggunakan kain basah atau spons sesegera mungkin jika tidak ingin ada noda residu. Sebab, noda yang tertinggal dalam waktu lama akan semakin menempel dan sulit untuk dibersihkan.
  • Bersihkan bagian luar kulkas setiap beberapa hari sekali. Gunakan sabun pembersih lembut untuk menghapus noda atau tetesan lainnya. Pastikan tidak meninggalkan area pegangan kulkas.
  • Sesekali, bersihkan bagian atas kulkas dari debu yang menumpuk.
  • Remah-remah dan tumpahan dapat menumpuk di segel pintu karet. Bersihkan area tersebut dengan kain yang dibasahi air hangat dan sabun cuci piring, lalu biarkan mengering.

Menjaga kebersihan kulkas membuat kita tak perlu terlalu sering membersihkannya secara menyeluruh. Namun, setidaknya setahun empat kali, interior dan eksterior kulkas tetap harus dibersihkan.

Jika kebersihan kulkas terjaga, usia pakainya juga akan lebih panjang sehingga kita tak perlu membeli kulkas baru dalam waktu dekat.

Baca juga: Jangan Asal, Ini 5 Cara Tepat Bersihkan Kulkas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com