Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Isyarat Bayi Ketika Merasa Lapar, Orangtua Harus Jeli

Kompas.com - 06/08/2021, 17:30 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber WHO

KOMPAS.com - Komunikasi menjadi salah satu masalah yang paling kerap dihadapi oleh orangtua baru. Tak jarang, banyak yang bingung memahami keinginan dan kebutuhan anaknya.

Bayi yang baru lahir memang belum bisa berbicara namun mereka memiliki cara tersendiri untuk berkomunikasi. Khususnya untuk menyampaikan beberapa hal dasar seperti rasa lapar atau tidak nyaman.

Sayangnya, banyak orangtua gagal menangkap kode yang diberikan oleh buah hatinya. Akibatnya, bayi menjadi rewel atau menangis sehingga membuat ayah dan ibunya ikut frustasi.

Ada beberapa isyarat yang biasanya ditunjukkan oleh bayi ketika mereka merasa lapar dan ingin menyusu. Para ibu harus sigap merespon pertanda ini dengan segera meletakkan bayi di payudara agar mereka tenang dan siap menyusu.

Baca juga: Jangan Sepelekan, Bayi Terus Rewel Mungkin karena Alami Pneumonia

Berikut ini adalah empat tanda dari bayi untuk menyatakan rasa lapar dan harus segera disusuim berdasarkan panduan WHO Indonesia.

  • Mengayunkan kepala

Jika bayi mulai mengayunkan kepala termasuk menggeleng atau berbalik, artinya mereka lapar dan harus segera disusui. Hal serupa juga berlaku apabila buah hati mulai membuka mulut mereka.

  • Mengepalkan tinju

Kebanyakan orangtua mengira bayi yang mengepalkan tinju sedang merasa marah atau ingin menangis. Sebenarnya, itu adalah isyarat jika mereka ingin segera disusui, khususnya jika dibarengi dengan menggeliatkan badannya.

Baca juga: Hoax di Tengah Pandemi, Hambat Pemberian ASI Eksklusif di Indonesia

  • Meletakkan tangan di dekat wajah atau mulut

Salah satu isyarat lapar lainnya yang harus segera dipahami adalah ketika bayi menggerakkan tangan di sekitar wajah atau mulutnya. Termasuk pula ketika mereka mengangkat tangan dengan jari terentang, menggigit atau mengunyah jari mereka sendiri.

  • Menjilat bibir sendiri

Ketika bayi mulai menjilati bibirnya sendiri, tandanya anak kita harus segera diberikan susu. Pertanda ini juga termasuk ketika bayi membuka dan menutup mulutnya secara berturut-turut serta membuat suara seperti sedang menyusu.

Baca juga: Bunda, Penuhi 5 Makanan Tinggi Nutrisi Ini agar Bayi Capai Berat Badan Ideal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WHO
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com