Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umur Panjang hingga Cegah Alzheimer, Ini 5 Manfaat Kopi bagi Kesehatan

Kompas.com - 11/08/2021, 09:13 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Terlepas dari peringatan bahaya minum terlalu banyak kopi atau kafein, ada bukti kuat bahwa minum kopi dengan jumlah yang tepat dapat mengurangi risiko berbagai penyakit kronis dan membuat umur lebih panjang.

Apalagi, kopi adalah minuman kompleks yang menyediakan lebih dari 1.000 senyawa bioaktif nabati, termasuk antioksidan, polifenol, asam lemak, dan kafein yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine mengungkapkan bahwa kopi dapat meningkatkan kesehatan jantung, hati, mental, dan mengurangi risiko resistensi insulin, batu empedu, serta kanker tertentu.

Di samping itu, kafein di dalam kopi juga membantu meningkatkan energi, meningkatkan konsentrasi, dan membantu kita berolahraga lebih lama.

Baca juga: Kopi Bisa Bantu Stamina Saat Olahraga, tetapi...

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat kesehatan apa saja yang dapat kita dapatkan saat mengonsumsi kopi, simak poin-poin seperti yang dilansir dari laman Eat This Not That berikut ini.

1. Membuat umur kita lebih panjang

Salah satu studi penting yang diterbitkan dalam jurnal Circulation menemukan bahwa mereka yang minum 1-5 cangkir kopi per hari memiliki rentang hidup lebih lama dibandingkan dengan mereka yang melaporkan minum sedikit atau tidak minum kopi sama sekali.

Faktanya, para peneliti melaporkan bahwa minum 1-3 cangkir kopi per hari dikaitkan dengan penurunan 15 persen risiko kematian.

Ada banyak alasan mengapa kopi dapat menambah umur kita, tetapi para peneliti percaya bahwa antioksidan, kafein, dan senyawa bioaktif lainnya dalam kopi membantu meningkatkan kadar glukosa darah, serta kesehatan kardiovaskular.

Walau begitu, konsumsi kopi berlebihan dapat meningkatkan risiko kematian.

Baca juga: Pecinta Kafein, Sudah Tahu Bahaya Minum Kopi Berlebihan?

2. Meningkatkan suasana hati

Ada alasan mengapa kita merasa jauh lebih baik setelah minum secangkir kopi pertama. Sebuah studi menunjukkan bahwa kafein yang disediakan kopi dapat meningkatkan suasana hati kita.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine, mereka yang minum kopi paling banyak cenderung tidak menderita depresi klinis.

Pada studi lain yang diterbitkan dalam Journal of Affective Disorders, para ilmuwan mempelajari lebih dari 80.000 subyek dan menyimpulkan bahwa asupan kafein secara teratur dan moderat kemungkinan mengurangi depresi di kalangan wanita.

Namun, asupan kopi yang berlebihan (lebih dari empat cangkir per hari) dapat menyebabkan depresi dan kemungkinan perilaku lain yang terkait.

Baca juga: 4 Cara Menambahkan Manis pada Secangkir Kopi, Tanpa Gula

Halaman:
Baca tentang
Sumber Eat This
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com