Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2021, 09:53 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber NDTV

KOMPAS.com - Hari remaja atau pemuda internasional alias International Youth Day jatuh tiap tanggal 12 Agustus.

Perayaan ini dijadikan momen bagi pemerintah dan masyarakat global untuk merenungkan kembali permasalahan yang dihadapi oleh para remaja di seluruh dunia.

Hari ini diistimewakan sejak tahun 1999 lalu, berdasarkan rekomendasi World Conference of Ministers Responsible for Youth di Lisbon kepada Majelis Umum PBB.

Setiap tahun, acara ini dirayakan dengan kampanye penyadaran sosial, konser komunitas dan berbagai acara lainnya yang fokus pada masalah sosial ekonomi dan sosial politik yang dihadapi pemuda di setiap negara di seluruh dunia.

PBB menetapkan tema yang berbeda setiap tahunnya, disesuaikan dengan kondisi terkini dunia.

Tahun ini, International Youth Day mengambil tema Transforming Food Systems: Youth Innovation for Human and Planetary Health alias Transformasi Sistem Pangan: Inovasi Pemuda untuk Kesehatan Manusia dan Planet.

Menurut PBB, tema ini diambil untuk menyoroti kebutuhan akan adanya "mekanisme dukungan inklusif yang memastikan kaum muda terus memperkuat upaya secara kolektif dan individual untuk memulihkan planet ini dan melindungi kehidupan sambil mengintegrasikan keanekaragaman hayati dalam transformasi sistem pangan."

Terkait permasalahan ini, remaja di seluruh dunia menghadapi sejumlah tantangan di masa depan termasuk perubahan iklim, perawatan kesehatan, inklusi sosial, dan konservasi keanekaragaman hayati.

Hari remaja internasional tahun ini juga diharapkan dapat menyediakan platform bagi anak muda melanjutkan momentum dari Forum Pemuda ECOSOC menjelang KTT Sistem Pangan tingkat tinggi. Beberapa aspek yang ditonjolkan termasuk pendidikan, keterlibatan, inovasi dan solusi kewirausahaan.

Pesan Sekretaris Jenderal PBB

Sekretaris Jenderal PBB, António Guterres mengatakan anak-anak muda berada di garis depan perjuangan untuk membangun masa depan yang lebih baik untuk semua. Hal ini disampaikan lewat pesan video yang dirilis dalam rangka international youth day tahun ini.

Inti dari perayaan ini adalah solusi yang dimunculkan oleh para inovator muda untuk mengatasi tantangan pada sistem pangan dunia.

Meski demikian, Gutteres mengingatkan anak muda tidak bisa melakukannya sendiri dan membutuhkan dukungan dari banyak pihak untuk memastikan mereka terlibat, dilibatkan dan dipahami.

Ia juga mendesak semua orang untuk menjamin kaum muda ikut serta dalam pembangunan dunia yang lebih inklusif, adil, dan berkelanjutan untuk semua warga dunia.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NDTV
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com