Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Koleksi, Harga Kaset Gim Nintendo DS dan PSP Meroket

Kompas.com - 12/08/2021, 21:30 WIB
Gading Perkasa,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Mungkin, di era serba digital seperti saat sekarang, membicarakan kaset gim terbaru menjadi hal yang kurang relevan dan tak up to date.

Sebab, -bayangkan saja, tidak terhitung berapa banyak gim yang bisa dimainkan di perangkat ponsel, konsol box moderen, maupun PC.

Namun, siapa sangka? Kaset gim Nintendo DS atau PlayStation Portable (PSP) kini harganya meroket naik dan dijadikan barang koleksi

Baca juga: Nintendo Segera Rilis Konsol Switch Terbaru, Seperti Apa?

Di Jepang, fenomena ini kian terlihat. Kaset gim Nintendo DS dan PSP dijual kembali oleh para kolektor dengan harga yang meningkat tajam.

Harga awal kaset Nintendo DS "Kouenji Joshi Soccer 2" yang berada di kisaran 1.000 yen atau sekitar Rp 130.000 pada akhir tahun 2020, kini meningkat menjadi 10.000 yen, atau lebih kurang Rp 1,3 juta.

Sementara, kaset Nintendo DS "Ivy the Kiwi?" yang diluncurkan pada November 2009 saat ini dijual seharga 15.000 yen atau nyaris Rp 2 juta.

Seperti dilaporkan Livedoor News, lonjakan harga itu disebabkan oleh pandangan bahwa kaset dari kedua konsol tersebut tergolong sebagai item retro.

Walau faktanya, perangkat Nintendo DS dan PSP belum lama dirilis, yakni di tahun 2004.

Baca juga: Nintendo Wii Emas untuk Ratu Elizabeth Dijual Rp 4,32 Miliar, Minat?

Sejumlah kaset gim dari pihak ketiga memang memiliki nilai jual yang tinggi. Namun kaset gim yang dirilis langsung Nintendo dan Sony tidak begitu menunjukkan peningkatan nilai.

Gim "Gal" yang memungkinkan pemain berinteraksi dengan karakter wanita cantik, serta beberapa judul gim yang susah didapat karena dulu minim peminat, kini dicari oleh para kolektor.

Baca juga: Cetak Rekor, Kaset Gim Super Mario Bros Rilisan 1985 Laku Rp 28 Miliar

Namun, akibat situasi pandemi yang masih berlangsung, pasar kaset gim dari Nintendo DS dan PSP mulai ditujukan kepada kolektor gim lokal di Jepang, bukan lagi turis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com