Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna Pakaian Apakah yang Paling Sejuk untuk Cuaca Panas?

Kompas.com - Diperbarui 25/04/2023, 11:17 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com – Kebanyakan orang tahu bahwa warna hitam menyerap panas dan warna putih memantulkannya, tetapi bagaimana dengan warna lainnya?

Toshiaki Ichinose, Peneliti Senior di Institut Nasional Jepang untuk Studi Lingkungan,  melakukan eksperimen untuk mengukur warna pakaian mana yang akan membuat tubuh kita terasa paling sejuk di bawah sinar matahari.

Ichinose menjelaskan bahwa objek memantulkan energi radiasi dari matahari pada tingkat yang berbeda tergantung pada warna.

Energi yang tidak dipantulkan diserap dalam bentuk panas, dan oleh karena itu benda dengan warna pantul yang lebih tinggi akan terasa lebih dingin.

Baca juga: Tips Memilih Warna Pakaian untuk Ekstrovert dan Introvert

Ichinose dan timnya melakukan eksperimen luar ruangan di bawah terik matahari musim panas pada suhu 30°C, dengan sedikit atau tanpa angin.

Sembilan kaos polo berwarna berbeda dari bahan yang sama ditempatkan berdampingan dan dipantau melalui kamera panas selama 5 menit.

Hasilnya menunjukkan bahwa kemeja yang paling dingin adalah yang berwarna putih, diikuti oleh kuning, abu-abu, merah, ungu, biru, hijau, hijau tua, dan hitam dalam urutan tertentu.

Perbedaan suhu antara kemeja itu cukup drastis, dengan kemeja putih mencapai 30°C, dan kemeja hijau tua dan hitam mencatat suhu di atas 50°C.

Baca juga: Kombinasi Perhiasan Berlian dan 3 Warna Pakaian Ini Bikin Penampilan Lebih Spesial Saat Natal

“Jika kita tidak suka kemeja putih karena mudah kotor, kami merekomendasikan untuk mengenakan kemeja kuning, abu-abu, dan merah yang memiliki reflektansi relatif tinggi,” kata Ichinose.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hypebeast


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com