Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Pakai Baju Adat Baduy di Sidang Tahunan MPR, Apa Maknanya?

Kompas.com - 16/08/2021, 10:08 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi terlihat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI untuk menyampaikan pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka peringatan HUT ke-76 RI di Gedung Parlemen, Senin (16/8/2021).

Penampilannya yang selalu menggunakan baju adat dalam setiap agenda tahunan ini pun mencuri perhatian publik.

Untuk tahun 2021 ini, Jokowi memilih mengenakan pakaian adat suku Baduy yang berada di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Jokowi tampak mengenakan pakaian kutung lengan panjang atau jamang sangsang berwarna hitam yang dilengkapi dengan telekung atau ikat kepala hasil tenun masyarakat Baduy berwarna biru, serta tas selempang yang khas dari suku tersebut.

Pakaian adat Baduy ini menyiratkan banyak hal. Terlebih mengenai kesederhanaan dalam suasana pandemi dan refleksi diri (muhasabah) atau olah batin (tirakat) di tengah hiruk pikuknya zaman.

Baca juga: Tak Hanya dari Suku Sasak, Ini 5 Baju Adat yang Pernah Dipakai Jokowi

Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat orang Kanekes atau Suku Badui saat menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD dan DPR, Senin (16/8/2021).YouTube/Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat orang Kanekes atau Suku Badui saat menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD dan DPR, Senin (16/8/2021).
Persiapan pakaian adat yang dikenakan Jokowi juga dibantu langsung oleh Jaro Saija, tetua adat masyarakat Baduy sekaligus Kepala Desa Kanekes.

Pemillihan baju adat suku Baduy ini memiliki alasan tersendiri bagi Jokowi, salah satunya adalah untuk memberikan penghormatan dan penghargaan atas nilai-nilai adat suku Baduy.

"Presiden @jokowi memilih menggunakan pakaian adat suku Baduy sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan pada  keluhuran nilai-nilai adat dan budaya suku Baduy," tulis KSP melalui akun Twitter @KSPgoid.

Sementara itu, tak kalah menariknya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin tampak menggunakan pakaian adat Suku Mandar asal Sulawesi Barat.

Ma'ruf mengenakan pakaian dengan perpaduan jas dan celana hitam dengan kain sarung tenun warna merah bercorak khas Mandar yang digunakan sebagai ikat pinggang, serta penutup kepala yang disebut songkok tabone.

Baca juga: Sederet Baju Adat Jokowi yang Menyita Perhatian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com