Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2021, 13:11 WIB
Intan Pitaloka,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Esquire

KOMPAS.com – Jake Gyllenhaal, aktor tampan Amerika Serikat, baru-baru ini diwawancarai Vanity Fair mengenai wewangian, dan dengan blak-blakan Gyllenhaal mengatakan bahwa dia jarang mandi.

"Semakin ke sini, saya merasa mandi menjadi kurang diperlukan, jadi ya kadang-kadang saja," ungkapnya.

Tak hanya itu, Gyllenhaal juga menambahkan bahwa tidak mandi juga sangat membantu perawatan kulit karena, menurut dia, secara alami kita dapat membersihkan diri  sendiri.

Bukan Gyllenhaal saja yang jarang mandi, Brad Pitt pun mengakui tentang keengganannya terhadap sabun dan air.

Dia hanya menggunakan tisu bayi yang dia usap di bawah ketiaknya. Hal ini dilakukan, alasannya karena kesibukannya dalam mengurus anak.

Ashton Kutcher dan Mila Kunis juga mendukung gerakan anti-mandi ini dan mengungkapkan bahwa mereka jarang mandi.

Kristen Bell dan Dax Shepard bahkan menimpali, "Kita seharusnya tidak menghilangkan semua minyak alami pada kulit dengan sabun setiap hari."

“Beberapa selebriti tidak ingin memandikan tubuh mereka setiap hari dengan sabun, karena menghilangkan minyak alami dari kulit," kata Dr. Elizabeth Mullans, dokter kulit bersertifikat di Uptown Dermatology.

“Dan saya setuju, tidak perlu mandi setiap hari karena tubuh kita mampu membersihkan dirinya sendiri.”

“Kulit memiliki pelindung alami yang terdiri dari minyak, dan menjadi tuan rumah bagi bakteri menguntungkan dan mikroorganisme lainnya,” jelas Dr. Jeremy A. Brauer, seorang profesor klinis di Departemen Dermatologi Ronald O. Perelman, Universitas New York.

"Minyak ini dapat hilang karena mandi air panas yang keseringan serta penggunaan sabun secara ekstensif, eksfoliasi, dan scrubbing."

Baca juga: Banyak Dilakukan Selebritas, Apa Dampaknya Jika Kita Jarang Mandi?

Lalu, apakah mandi setiap hari adalah pilihan yang salah?

Dr. Lindsey Zubritsky, dokter kulit bersertifikat merekomendasikan kita mandi sekitar sekali sehari untuk rata-rata orang dewasa.

Namun untuk yang memiliki kulit sensitif atau kulit yang rentan eksim kemungkinan hanya perlu mandi dua hari sekali untuk mencegah kulit kering.

“Tapi seseorang kadang-kadang harus mandi lebih dari sekali sehari jika mereka sangat kotor karena aktivitas di luar ruangan, olahraga, atau cuaca panas.”

Halaman:
Sumber Esquire
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com