Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Ubah Penampilan Wajah Tanpa Operasi? Ikuti 7 Trik Make-up Ini

Kompas.com - 16/08/2021, 16:40 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai wanita, kita ingin selalu memiliki wajah yang terlihat cantik dan segar. Namun terkadang kita lebih fokus pada "kekurangan" di bagian wajah.

Padahal, tanpa melakukan operasi pun sebenarnya kita bisa menutupi kekurangan itu dan menonjolkan daya tarik wajah. Caranya dengan menguasai teknik make up. Memang awalnya terasa sulit, tapi jangan menyerah untuk terus mempraktikannya.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut tujuh trik make up yang dapat dipraktikkan guna mempercantik wajah, seperti yang dilansir dari laman Reader's Digest berikut ini.

1. Contour hidung

Jika kita merasa hidung kita terlalu besar atau terlalu lebar, bersiaplah untuk mengubahnya dengan teknik contouring atau shading.

Bagi yang belum tahu, contouring adalah proses menempatkan concealer atau highlighter terang secara strategis di area yang ingin kita tangkap cahayanya sehingga membuatnya lebih menonjol.

Baca juga: Pipi Tirus dan Lebih Mancung dengan Conturing Suntikan Filler

Ada teknik contour khusus untuk setiap bentuk hidung. Tetapi, dalam setiap kasus, kita bisa menerapkan concealer  dua tingkat lebih terang dari warna kulit ke batang hidung dan warna coklat keabu-abuan untuk menutupi tonjolan, serta lubang hidung yang lebar.

Selalu padukan warna terang dan gelap pada tempatnya menggunakan beauty blender atau kuas rias yang dapat diisi ulang sehingga dapat menyebarkan butiran riasan secara merata.

Hasilnya, hidung kita akan tampak seperti melakukan operasi hidung secara instan, padahal kita tidak melakukan operasi sama sekali.

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

2. Eyeliner yang strategis

Apakah mata kita terlalu kecil, terlalu besar, atau terlalu ke bawah? Kuncinya adalah mengaplikasikan eyeliner dengan gaya dan warna yang tepat untuk mengubah bentuknya secara nyata.

Bagi mata kecil, menambahkan eyeliner putih ke garis bulu mata bawah dapat menciptakan ilusi optik karena berfungsi untuk membuatnya terlihat lebih besar.

Untuk mata yang menghadap ke bawah, tidak ada yang lebih baik dari cateye atau mata kucing dengan menggunakan liner hitam 

Sementara bagi mata yang besar, kita bisa mengaplikasikan eyeliner smokey untuk menyempurnakan sudut luar sebagai ilusi daya angkat.

Baca juga: 5 Eyeliner Warna-warni dari Brand Lokal

3. Shading tulang pipi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com