Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Tampil dengan Pakaian Adat Lampung dalam Upacara HUT Ke-76 RI

Kompas.com - 17/08/2021, 10:39 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Presiden RI Joko Widodo kembali menghadiri upacara peringatan detik-detik proklamasi dalam rangka HUT ke-76 RI pada Selasa (17/8/2021) pagi ini dengan mengenakan pakaian adat Indonesia.

Presiden memilih untuk mengenakan pakaian adat Pepadun dari Provinsi Lampung. Pakaian adat yang dipakai Presiden terdiri atas baju lengan panjang berwarna putih yang dipadukan dengan celana panjang berwarna putih juga.

Di luarnya, dibalut dengan sarung tumpal yaitu kain sarung khas Lampung yang dipakai Kepala Negara menutup celana dari pinggang hingga lutut.

Penampilan Presiden dilengkapi dengan kain selendang, ikat pinggang, dan tutup kepala yang semuanya berwarna senada merah, dan masker putih.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo tampak anggun mengenakan busana nasional berwarna gading dilengkapi kain songket. Penampilan sederhana Ibu Iriana tampak dilengkapi dengan jilbab berwarna senada.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Ibu Wury Ma'ruf Amin tampak serasi mengenakan pakaian adat Sunda dari Sukabumi, Jawa Barat.

Wapres terlihat cukup elegan dengan setelan jas tertutup (beskap) dan celana panjang warna biru yang dipadukan dengan kain samping batik yang diikatkan di pinggang.

Selaras dengan Wapres, Ibu Wury juga tampak anggun mengenakan kebaya bersulam warna biru polos dengan bawahan kain jarik putih bermotif batik khas Sunda yang biasa disebut sarung kebat atau sinjang bundel.

Telah mengenakan pakaian adat sejak 2017

Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba untuk memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan 1945 di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8/2021). Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Lampung, sementara Ibu Negara mengenakan busana nasional dengan kain songket.ANTARA FOTO/SETPRES/HANDOUT Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba untuk memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan 1945 di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8/2021). Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Lampung, sementara Ibu Negara mengenakan busana nasional dengan kain songket.
Presiden Jokowi diketahui telah mengenakan pakaian adat sejak upacara peringatan detik-detik proklamasi sejak 2017 atau saat HUT ke-72 RI.

Merangkum pemberitaan Kompas.com, pada upacara HUT ke-72 RI lalu, Jokowi mengenakan pakaian adat Kalimantan Selatan, berupa jas berwarna hitam, ditambah kain songket dan tutup kepala.

Lalu, pada upacara Kemerdekaan RI yang ke-73, Jokowi mengenakan pakaian adat dari Aceh. Kemudian, dalam pelaksanaan upacara HUT ke-74 RI atau 17 Agustus 2019, Jokowi mengenakan baju adat Klungkung, Bali, dengan pakaian bermotif hitam yang dipadukan dengan kain batik sebagai bawahan dan tutup kepala.

Sementara itu, pada upacara HUT ke-75 RI tahun lalu, Jokowi memakai baju adat Timor Tengah Selatan, NTT, dengan unsur berwarna merah putih. Masker senada berwarna merah putih juga dikenakannya.

Menurut Presiden, Indonesia memiliki kekayaan adat budaya yang sangat tinggi, termasuk dalam hal pakaian adat.

“Dulu pernah Aceh, Sumatera Barat, pernah juga Kalimantan Selatan, pernah Sunda, pernah Jawa, Betawi, kemudian ke sana Bali, Sasak, Bugis, pernah semua. Memang kekayaan budaya pakaian adat ini memang ribuan. Jumlahnya ribuan. Nanti sampai ke Maluku, Papua, semuanya nanti semuanya akan kita angkat,” ucap Presiden saat itu.

Baca juga: Tengok Kembali, 5 Baju Adat Unik yang Pernah Dikenakan Jokowi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com