Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luput Hadirkan Barbie Atlet Asia, Mattel Dianggap Diskriminatif

Kompas.com - 18/08/2021, 10:28 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan mainan anak-anak, Mattel menuai kritikan karena tak menyertakan sosok perempuan Asia dalam koleksi Barbie terbarunya yang bertema Olimpiade Tokyo.

Mattel merilis lima boneka Barbie baru yang terinspirasi dari atlet wanita yang berlaga di olimpiade. Boneka tersebut dikatakan memiliki semangat 'kesenangan dan persahabatan musim ini' seperti value dari acara olahraga kelas dunia ini.

Koleksi tersebut terdiri dari boneka peselancar berkulit hitam, boneka berkulit putih dan berambut pirang yang digambarkan sebagai atlet karate, dan tiga lainnya yang merupakan olahragawan cabang bisbol dan softball, panjat tebing, dan boneka skateboard.

Kelimanya dinilai secara kolektif mewakili lima cabang olahraga baru yang dilombakan di olimpiade yang baru saja berakhir ini.

Ironisnya, tak ada satupun boneka yang menggambarkan kecantikan dan ketangguhan atlet perempuan Asia. Padahal gelaran olimpiade yang baru selesai ini dilaksanakan di Tokyo, salah satu kota utama di Benua Asia.

Tak pelak, Mattel dinilai bersikap diskriminatif terhadap ras Asia. Perusahaan ini dinilai gagal memenuhi ekspektasi dan mencerminkan sikap inklusif, hal yang selama ini kerap digembor-gemborkan dalam iklan marketingnya.

Dalam berbagai pernyataan publiknya, Mattel kerap mengaku sebagai perusahaan mainan yang inklusif untuk semua orang dan golongan.

Terlebih lagi, ada banyak atlet perempuan Asia inspiratif lainnya yang bisa dijadikan model karakter boneka Barbie. Misalnya saja Rikako Ikee, atlet renang Jepang dan Sunisa Lee, pesenam Amerika yang memiliki latar belakang sebagai pengungsi Laos.

"Mattel membuat orang Asia-Amerika tidak terlihat saat menggembar-gemborkan 'most diverse doll line yet,'" cuit seniman Jepang-Amerika Drue Kataoka via Twitter.

"Dimana Barbie Asia?? Mereka umumnya sulit ditemukan tetapi Anda akan berpikir Olimpiade akan termasuk! Putri saya setengah Asia & saya terus berdebat apakah dia akan bermain dengan Barbie. Ini hanya membuktikan kepada saya bahwa Putri Disney adalah pilihan yang jauh lebih baik! @Hasbro @DisneyStudios" komentar akun @awadds.

Dikutip dari Insider, Mattel merespon hujan kritik ini dengan menyatakan bahwa Barbie atlet skateboardnya dimaksudkan untuk mewakili komunitas Asia.

"Menumbuhkan dunia yang lebih inklusif adalah inti dari merek kami dan kami berusaha untuk mencerminkan itu di lini produk Barbie kami," ujar juru bicara perusahaan.

"Ke depan, kami akan bekerja untuk menemukan lebih banyak cara untuk memenangkan semua perwakilan dan merayakan pencapaian luar biasa dari semua atlet Olimpiade, yang menunjukkan kepada kami bahwa segala sesuatu mungkin terjadi."

Baca juga: 6 Pejuang Covid-19 Jadi Model Barbie, Termasuk Penemu Vaksin AZ

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com