Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bahan Skincare untuk Atasi Garis-garis Halus Tanda Penuaan

Kompas.com - 20/08/2021, 13:26 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, tubuh kita akan mengalami banyak perubahan yang besar, terutama pada kulit wajah kita.

Salah satu yang paling mencolok yakni munculnya garis-garis halus dan kerutan akibat proses penuaan.

"Banyak perubahan terjadi di dalam kulit selama bertahun-tahun yang secara lahiriah dimanifestasikan sebagai penuaan," kata seorang dokter spesialis kulit dan salah satu pendiri 4.5.6 Skin, Dr Carlos Charles.

Menurut dia, paparan sinar matahari, polusi udara, dan cahaya biru dari gadget kita adalah faktor eksternal paling umum yang berkontribusi pada percepatan penuaan.

"Faktor-faktor tersebut secara bertahap akan menyebabkan perubahan tekstur kulit, hiperpigmentasi, dan bahkan hilangnya kolagen yang berujung pada garis-garis halus maupun kerutan," terangnya.

"Ditambah lagi, seiring bertambahnya usia, sel-sel kulit cenderung beregenerasi lebih lambat sehingga menyebabkan kulit lebih kusam," sambung dia.

Dengan kata lain, kemampuan kulit kita untuk mempertahankan kelembaban, memproduksi kolagen, dan memperbaiki dirinya sendiri dengan cepat menurun drastis dari waktu ke waktu.

Namun, jangan khawatir, karena beberapa bahan  di dalam skincare ternyata dapat membantu menghaluskan kerutan, menghilangkan hiperpigmentasi, dan secara keseluruhan mencegah penuaan pada kulit.

Baca juga: Yuk, Cegah Penuaan di Kulit dengan Hidup Sehat

Nah, dilansir dari laman CNN, para ahli pun membagikan beberapa bahan terbaik di dalam skincare yang mampu mengatasi munculnya tanda-tanda penuaan di wajah kita sebagai berikut ini.

1. Hyaluronic acid dan ceramide

Dokter Charles mengungkapkan bahwa bahan-bahan skincare yang membantu mendukung fungsi perlindungan kulit dan dapat menarik kelembapan adalah kuncinya.

Dia merekomendasikan agar kita mencari skincare dengan kandungan yang menghidrasi, seperti hyaluronic acid dan ceramide.

Bahan-bahan itu juga disebut sebagai humektan hebat mampu menarik dan mempertahankan kelembapan permukaan kulit.

"Alga dan lidah buaya memiliki manfaat yang sama untuk menenangkan dan mengatasi dehidrasi pada kulit," jelas dokter spesialis kulit di Los Angeles, Dr Ava Shamban.

"Sementara, alga juga dapat menghambat enzim yang memecah kolagen, penyebab umum kelemahan, dan penuaan kulit," lanjut dia.

Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com