Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/08/2021, 13:15 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber NYPost

KOMPAS.com - Pangeran Harry dikritik karena mengendarai jet pribadi sepulangnya dari pertandingan polo amal di Aspen, Colorado.

Perilakunya dianggap hipokrit karena tidak sesuai dengan kampanye soal perubahan iklim yang selama ini kerap digaungkan bungsu Putri Diana itu.

Ia memilih penerbangan dua jam dengan pesawat mewah itu dibandingkan opsi transportasi lainnya yang lebih ramah lingkungan, untuk pulang ke rumahnya di Montecito, California.

Jet berjenis Gulfstream bernilai 60 milliar dollar AS itu memang dimiliki oleh Marc Ganzi, rekan bermain polonya. Namun publik menilai Harry seharusnya bisa bersikap sesuai dengan kata-katanya dan memberikan contoh positif.

Baca juga: Yuk, Lihat Bagian Dalam Jet Pribadi Kylie Jenner yang Super Mewah

Apalagi, belum tiga bulan berselang ketika dalam wawancara bersama Oprah, ia mengatakan jika perubahan iklim adalah salah satu masalah paling mendesak yang dihadapi masyarakat dunia.

"Anak-anak tumbuh di dunia sekarang ini, cukup menyedihkan, bukan, tergantung di mana Anda tinggal, kampung halaman Anda entah terbakar, entah tenggelam, rumah atau hutan sedang diratakan," ujarnya kala itu.

Sikap suami Meghan Markle ini dinilai tidak konsisten karena penerbangan yang ditumpanginya diperkirakan menghasilkan sepuluh ton karbondioksida yang tentunya menambah dampak buruk bagi Bumi.

Tom Quin, salah satu penulis royal autobiografi termasuk yang menyatakan kritiknya secara terbuka.

"Ini tampaknya sangat munafik, mengingat semua pembicaraannya tentang perubahan iklim," katanya kepada media The Sun.

Baca juga: Mengenang 3 Tahun Aksi Greta Thunberg Protes Perubahan Iklim

“Harry tampaknya melihat dirinya sebagai seseorang yang memandu seluruh dunia dan bahwa perilakunya sendiri tidak relevan. Ini adalah blind spot yang amat besar.”

Jet pribadi selama ini memang terbukti sebagai salah satu sumber emisi terbesar di Bumi. Sejumlah penggunanya dikiritik karena lebih memedulikan kenyamanan dan kemewahan dibandingkan penyelamatan planet ini.

Dikutip dari laman Transport & Enviroment, jet pribadi 5-14 kali lebih berpolusi daripada pesawat komersial (per penumpang), dan 50 kali lebih berpolusi daripada kereta api. Selain itu, jet pribadi memiliki dampak yang tidak proporsional terhadap lingkungan.

Meski demikian, kritik ini bukan pertama kalinya diterima oleh Harry. Sebelumnya, ia pernah menuai kecaman serupa karena menggunakan empat penerbangan jet pribadi dalam 11 hari.

Ironisnya, penerbangan itu termasuk dipakai sebagai transportasi ke Climate Change Summit di Sisilia.

Baca juga: Boy William Sindir Artis Pamer Foto Jet Pribadi, Begini Respons Maia Estianty

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NYPost
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com