Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/08/2021, 14:50 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Saat ini kepopuleran Korean Beauty (K-Beauty) sangat dikenal masyarakat dunia, termasuk di Indonesia. K-Beauty terbilang sukses dalam mengembangkan berbagai variasi kosmetik, mulai dari makeup sampai dengan skincare.

Di balik populernya K-Beauty, terdapat beberapa faktor sukses yang membuatnya dapat diterima berbagai kalangan. Apa saja faktor tersebut?

Menurut Na Sung Min, Strategic Marketing Leader PT Cosmax Indonesia, alasan kesuksesan K-Beauty antara lain keterjangkauan harga produk (Reasonable), inspirasi makeup dan skincare dari Idola (Idol), dan kebutuhan akan produk yang ‘ramah kulit’ (Derma/Dermal).

Yang dimaksud Reasonable adalah harga yang terjangkau dengan kualitas produk yang baik. Tanpa menurunkan kualitas produk, K-Beauty rata-rata berani menawarkan harga yang ‘masuk akal’ agar lebih banyak orang mampu membelinya.

K-Beauty juga gencar berinovasi dalam formulasi dan kemasan untuk mendapat harga produk jadi yang pas. Tak heran, banyak orang kini beralih kepada K-Beauty.

Baca juga: Apa Saja Tren Produk Perawatan Tubuh dan Kosmetik Tahun Ini?

Faktor kedua yang dengan jelas kita rasakan adalah kepopuleran idola dari Korea. Gelombang Korea atau Korean Wave di tanah air diawali salah satunya dengan kepopuleran Korean Drama (K-Drama) dan Korean Pop (K-Pop).

Selain menjual seni, ktor drama Korea dan para penyanyi juga berusaha tampil rupawan. Mungkin tidak semua orang Korea seganteng atau secantik mereka, tapi yang ditampilkan Korea adalah aktor ataupun penyanyi yang kebanyakan berkulit bersih dan menawan.

Duta dari Korea yang kita kenal sebagai idola atau Idol ini meiliki banyak penggemar di tanah air.

Karena terinspirasi akan penampilan yang dimiliki idol, maka orang juga bertanya-tanya soal rutinitas perawatan kulit serta gaya riasan mereka. Ini menjadi pemicu dimulainya penggunaan produk K-Beauty di Indonesia.

Orang mulai berusaha merawat diri dan berharap mencapai kondisi kulit yang terlihat mulus dan terawat seperti idol dengan menggunakan K-Beauty.

Tidak hanya itu, gaya berdandan yang terlihat lebih natural namun tetap terlihat menawan, memicu penggemar meniru gaya tersebut dan ikut menggunakan produk-produk berbau Korea.

Formulasi yang cenderung menggunakan bahan-bahan natural, serta pemilihan warna makeup yang cenderung unik dan khas, menjadi alasan lain mengapa K-Beauty sukses menarik penggemar idol menjadi penggunanya.

Baca juga: Kosmetik Vegan Sudah Diproduksi di Indonesia

Faktor ketiga yang dapat dikatakan menjadi titik kesuksesan K-Beauty yang paling penting ialah Derma, yang berarti ‘ramah kulit’.

Faktanya memang produk-produk ini cocok untuk kulit Asia, dalam arti lebih aman, nyaman, dan sehat bagi kulit.

Produk yang ditawarkan pun dipercaya dapat mengobati ataupun mengurangi masalah-masalah yang ada pada kulit dengan efektif, seolah memiliki efek dermatologis layaknya pergi ke klinik kecantikan.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com